11 Nama-Nama Kudus untuk Misa yang Wajib Kamu Ketahui


11 Nama-Nama Kudus untuk Misa yang Wajib Kamu Ketahui, Amorpost.com-Bagi kita orang Kristiani, Misa merupakan puncak dan sumber hidup orang Kristiani. Hal itu menandakan bahwa misa kudus sangatlah penting untuk hidup kita.

Namun, kita yang terlahir Katolik maupun baru saja bergabung menjadi anggota Gereja Katolik Roma, perlu mengetahui nama lain dari Ekaristi Kudus. Di dalam Katekismus Gereja Katolik, digambarkan mengenai 11 nama lain dari Misa Kudus.

Dengan mengetahui setiap nama lain dari Misa kudus itu, kita diharapkan lebih sadar dan khusuk dalam mengikuti misa kudus itu. Inilah 11 nama dengan uraian singkatnya.

Nama-nama Lain dari Misa
11 Nama-Nama Kudus tentang Misa (Foto: Paul Haring)

1. Ekaristi

Dikatakan sebagai Ekaristi karena merupakan ucapan syukur kepada Allah. Kata-kata “eucharistein” Bdk Luk 22:19; 1 Kor 11:24 dan “eulogein” Bdk. Mat 26:26; Mrk 14:22 mengingatkan pujian bangsa Yahudi, terutama waktu makan. Saat itu mereka memuliakan karya Allah tentang penciptaan, penebusan, dan pengudusan.

2. Perjamuan Tuhan

Perjamuan Tuhan Bdk. 1 Kor 11:20., karena hal itu menyangkut perjamuan malam, yang Tuhan adakan bersama murid-murid-Nya pada malam sebelum sengsara-Nya. Tetapi itu juga menyangkut antisipasi perjamuan pernikahan Anak Domba Bdk. Wahyu 19: 9 dalam Yerusalem surgawi.

3. Pemecahan Roti

Dikatakan sebagai pemecahan roti karena ritus yang khas pada perjamuan Yahudi ini, dipergunakan oleh Yesus yakni pada waktu makan, sebagai kepala persekutuan. Ia memberkati roti dan membagi-bagikan-Nya, Bdk. Mat 14:19; 15:36; Mrk 8:6.19. Hal itu dilakukannya saat perjamuan malam terakhir Bdk. Mat 26:26; 1 Kor 11:24.

Dari tindakan ini para murid mengenal-Nya kembali sesudah kebangkitan, Bdk. Luk 24:13-35. Dengan istilah “memecahkan roti,” orang Kristen pertama menggambarkan perkumpulan Ekaristi mereka Bdk. Kis 2:42.46; 20:7.11.

4. Perhimpunan Ekaristi

Perhimpunan Ekaristi (synaxis), karena Ekaristi dirayakan dalam perhimpunan umat beriman, di mana Gereja dinyatakan secara kelihatn Bdk. 1 Kor 11:17-34.

5. Kenangan

Kenangan akan kesengsaraan dan kebangkitan Tuhan.

6. Kurban Kudus

Kurban kudus, karena hal itu menghadirkan kurban tunggal Kristus, Penebus dan mencakup pula penyerahan diri Gereja. Atau juga kurban misa kudus, “Kurban Syukur” (Ibr 13:15) Bdk. Mzm 116:13.17., persembahan rohani Bdk. 1 Ptr 2:5., kurban murni Bdk. Mal 1:11. dan kudus, karena ia menyempumakan dan melebihi segala kurban Perjanjian Lama.

7. Liturgi Kudus dan Ilahi

Liturgi kudus dan ilahi, karena seluruh liturgi Gereja berpusat dalam perayaan Sakramen ini dan paling jelas terungkap di dalamnya.

11 Nama Lain dari Misa yang Wajib Kamu Ketahui
11 Nama Lain dari Misa yang Wajib Kamu Ketahui (Foto: pixabay)

8. Misteri Kudus

Karena misa berisikan misteri-misteri hidup Kristiani mengenai pewahyuan Allah, inkarnasi, kematian Kristus, kebangkitan dan persekutuan.

9. Sakramen Mahakudus

Sakramen mahakudus, karena Ekaristi adalah Sakramen segala Sakramen. Disimpan dalam rupa Ekaristi di dalam tabernakel, orang menamakan tubuh Kristus itu, Yang Maha Kudus.

10. Komuni Kudus

Komuni, karena didalam Sakramen ini kita menyatukan diri dengan Kristus yang mengundang kita mengambil bagian dalam tubuh dan darahNya, supaya kita membentuk satu tubuh Bdk. 1 Kor 10:16-17.

11. Misa Kudus

Misa kudus, karena liturgi, dimana misteri keselamatan dirayakan, berakhir dengan pengutusan umat beriman (missio), supaya mereka melaksanakan kehendak Allah dalam kehidupannya sehari-hari.

Demikianlah nama-nama lain dari misa. Kiranya hal itu dapat membantu kita lebih menghayati perayaan Ekaristi Kudus. Semoga Amores…

Sumber: Cathechism of the Catholic Church 1328-1332

Aplikasi Android Amorpos

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

509 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
4
Suka
Bahagia Bahagia
2
Bahagia
Wow Wow
1
Wow

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like