12 Patung Yesus Kristus Tertinggi dan Terbesar di Dunia. Tiga dari Indonesia


12 Patung Yesus Kristus Tertinggi dan Terbesar di Dunia. Tiga dari Indonesia, Amorpost.com – Salah satu patung Yesus Kristus paling fenomenal dan populer di dunia yakni patung Cristo Redentor atau Yesus Penebus di kota Rio de Janerio, Brasil.

Patung setinggi 38 meter itu tidak saja menjadi ikon Rio de Janerio tetapi sudah menjadi ikon Brasil. Cristo Redentor sukses mengangkat nama Rio de Janerio dikenal luas dunia internasional dan meningkatkan pengunjung ke kota terbesar di Brasil itu.

Baca juga: 7 Patung Yesus Tertinggi dan Terbesar di Indonesia. Nomor 6 Paling Unik

Namun tahukah kamu, di beberapa negara saat ini terdapat sejumlah patung Yesus Kristus dengan yang terbilang besar dan tinggi. Berikut ulasan 12 Patung Yesus Kristus Tertinggi dan Terbesar di Dunia. Tiga dari Indonesia:

1. Christ the King (Kristus Raja) di Polandia
Christ the King di Polandia (Foto: YouTube.com/Michael Pasek)

Patung Yesus di Polandia ini dibangun di sebuah kebun Kubis, seberang toko serba ada Tesco, kota Swiebodzin di pinggiran barat Polandia. Patung ini memiliki tinggi 51 meter, dan diklaim sebagai patung tertinggi di dunia karena lebih tinggi 14 meter dari patung Yesus di Rio de Janeiro, dan bahkan mengalahkan ketinggian patung Yesus sebelumnya di Bolivia.

Patung yang dibangun pada tahun 2008 dan selesai pada bulan Nopember tahun 2010 ini menghabiskan biaya sekitar Rp13,5 miliar. Meski begitu, banyak orang belum mengenalnya dan masih menganggap bahwa patung tertinggi di dunia adalah yang berada di Brazil.

Keberadaan patung ini juga mengungkap dinamika warga negara dan gereja Katolik di Polandia. Hubungan antara gereja Katolik dan negara di Polandia sangatlah kuat.

Hal ini terjadi akibat peranan gereja dalam melawan idiologi komunis. Negara ini juga masih memiliki jumlah pengunjung gereja terbanyak di Eropa. Masyarakat Polandia sungguh menghayati Pro Patria et Eclesia. Mereka sangat mendukung kiprah gereja Katolik bagi rakyat Polandia.

Walau ada pro dan kontra mengenai pembangunan patung ini, tetapi masyarakat di kota ini merasakan manfaatnya karena sebelumnya kota mereka sepi pengunjung, namum dengan kehadiran patung ini kota mereka menjadi distinasi pengunjung yang meningkat. Ada yang sekedar untuk jalan-jalan tetapi ada yang berziarah dalam rangkah memperkuat iman mereka.

Seperti kata seorang pengunjung dari Jerman bahwa ia berkunjung khusus untuk melihat patung ini, dirinya bukanlah seseorang yang religius, tapi ia penasaran melihat patung ini dan yakin orang lain yang datang dengan alasan yang sama.

Apakah para wisatawan itu akan benar berbondong-bondong datang ke kota kecil ini? Masih harus dibuktikan. Tapi sementara ini, para penduduk setempat yakin bahwa patung Yesus raksasa yang berlokasi di kebun kubis ini, akan memunculkan kota kecil ini di dalam peta dunia.

2. Patung Cristo de la Concordia di Bolivia
Cristo de la Concordia
Patung Cristo de la Concordia Bolivia (Foto: http://americadelsur.ch)

Di atas Bukit San Pedro, 20 menit dari pusat Kota Cochabamba, Bolivia, ada patung Yesus berukuran besar dengan tangan terentang, yang sering disebut Cristo de la Concordia atau Christ of Peace. Patung ini menjadi salah satu objek wisata religi favorit di Bolivia.

Patung ini memiliki tinggi 34,20 meter dan berat 2200 ton. Pendiri dari patung ini adalah César and Wálter Terrazas Pardo (mengikuti model patung Christ The Reedemer di Rio de Janeiro, Brazil). Patung ini dibangun pada 12 Juli 1987 – 20 November 1994.

Sebenarnya jika yang dihitung hanya patungnya saja, maka patung Cristo de la Concordia merupakan patung tertinggi yang ada di dunia melebihi patung Christ the King (jika Mahkota patung tersebut tidak dihitung) dan juga lebih tinggi dari Patung Christ the Reedemer di Brazil.

Namun patung ini sendiri sebenarnya merupakan replika dari patung Christ the Reedemer di Brazil. Jika dihitung dengan pondasinya, maka patung ini memiliki tinggi total 40,44 meter.

Patung Christ of Peace yang tinggi itu bisa terlihat dari berbagai penjuru kota. Tapi jika ingin melihat lebih dekat, bisa datang langsung ke Bukit San Pedro.

Untuk bisa mencapai lokasi patung pun butuh perjuangan. Ada sekitar 1.000 anak tangga yang harus ditapaki. Tapi jika tidak ingin capek, ada opsi lainnya, yaitu naik kereta gantung dengan membayar biaya 8 Bolivianos (Rp 16 ribu).
Pemandangan dari sini juga begitu indah. Traveler bisa melihat bagaimana penampakan Kota Cochabamba, Laguna Alalay, serta Kota Sacaba dari ketinggian.

Di bagian bawah patung ada sebuah museum yang memajang foto-foto terkait Christ of Peace. Dari museum ini wisatawan bisa naik tangga masuk ke dalam patung.

3. Patung Yesus Buntu Burake, Toraja, Indonesia
Patung Yesus di Toraja
Patung Yesus di Toraja (Foto: Makassar.tribunnews.com)

Patung yang ada di tanah Toraja, Sulawesi Selatan ini dikleim sebagai patung terbesar dan tertinggi di dunia. Patung ini berdiri di atas sebuah bukit setingi 1.700 meter di atas permukaan laut dan memiliki tinggi badan sekitar 45 meter.

Patung yang yang terbuat dari perunggu ini dikenal dengan nama Patung Yesus Buntu Burake. Untuk mencapai patung ini para paziarah harus melewati 7.777 anak tangga. Patung ini dilengkapi dengan fasilitas ampitheater untuk gedung pertunjukan dan konser.

Patung yang menghabiskan dana sebesar Rp. 30 Miliar dibuat oleh seniman asal Yogyakarta bernama Supriadi, dibantu dengan tim pengecor perunggu yang dipimpin oleh Wardoyo Suwart. Patung yang diharapkan akan menarik banyak wisatawan ini diinisiasi langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.

Tujuannya adalah untuk memajukan parawisata Tanah Toraja sebagai salah satu destinasi wisata favorit turis mancanegara di Indonesia.

Total ketinggian adalah 40 meter yang terdiri dari tinggi landasan 17 meter dan patung Yesus 23 meter. Raihan angka tersebut bisa membuatnya menjadi monumen Yesus terbaru sebagai patung tertinggi di dunia.

4. Patung Yesus Memberkati di Bitung, Manado Indonesia
Patung Yesus Memberkait Manado
Patung Yesus Memberkait Manado (Foto: Kompas.com/Karim Raslan)

Monumen atau patung Yesus Memberkati terletak di jalan Ring Road, kompleks Citraland Winangun, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Patung ini berdiri di sebuah bukit tertinggi di wilayah Pineleng. Tinggi keseluruhan monument ini adalah 50 meter, yang terdiri dari dua bagian yaitu patungnya sendiri setinggi 30 meter dan penopangnya setinggi 20 meter.

Monumen yang menjadi salah satu ikon wisata religi di Manado ini, terbuat dari 25 ton besi fibre dan 35 ton besi baja.

Uniknya, patung ini memiliki kemiringan yang mencapai lebih dari 20 derajat, sehingga patung Yesus ini terlihat seperti melayang dengan posisi tangan terangkat. Posisi membentangkan tangan seakan memberkati Kota Manado selalu.

Karena keunikan patung ini, maka lokasinya kini menjadi destinasi wisata baru bagi penyuka wisata religi, yaitu di Kabupaten Sitaro, di Kabupaten Talaud, di Likupang Selatan Kabupaten Minahasa Utara dan di Pulau Lembeh, Kota Bitung.

5. Patung Kristus Penebus (Cristo Redentor) di Brasil
Patung Cristo Redentor Brasil
Patung Cristo Redentor Brasil (Foto: www.mileumaviagens.com.br)

Patung Yesus yang telah diketahui banyak orang sebagai yang tertinggi di dunia ini berada di Kota Rio de Jeneiro, Brazil. Patung dengan tangan merentang menghadap kota tersebut memiliki tinggi 38 meter dan terletak di puncak dari Gunung Corcovado dengan ketinggian 710 mdpl di Taman Nasional Hutan Tijuca.

Patung yang diprakarsai seorang pastor Vincensian, Pedro Maria Bossini ini, mengalami perencanaan yang panjang, hingga akhirnya dibangun selama sembilan tahun dari 1922 sampai 1931. Tanggal 12 Oktober 1931 patung yang menghabiskan biaya USD 250.000 atau $3.400.000 ini resmi dibuka.

Pada ulang tahunnya yang ke 75 pada bulan Oktober 2006, Uskup Agung Rio, Cardinal Eusebio Oscar Scheid memberkati sebuah Kapela, persis di bawah patung, yang mengizinkan umat Katolik untuk permandian maupun pesta pernikahan di sana.

Tanggal 10 Februari 2008 patung ini disambar halilintar dan mengalami kerusakan pada jari-jari tangan, kepala dan alis matanya.

Pemerintah setempat berinisiatif untuk melakukan perbaikan, tetapi tanggal 17 Januari 2014, sekali lagi Patung itu disambar halilintar dan merusakkan jari-jari tangan kanan.

6. Monumen Yesus Raja di Maluku, Indonesia
Monumen Yesus Raja di Maluku 
Monumen Yesus Raja di Maluku (Foto: Kompas.com/WAHYU ADITYO PRODJO)

Monumen Yesus Raja tingginya mencapai 25 meter sudah termasuk penyangganya. Terletak di ujung timur Pulau Yamdena, Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Saumlaki, Provinsi Maluku.

Patung Kristus Raja yang berdiri dengan pose membentangkan kedua tangannya menjadi ikon yang paling menyita perhatian. Sepintas patung ini memang tampak mirip dengan patung Kristus Penebus di Rio de Janeiro, Brasil.

Patung ini berdiri di atas bangunan tiga lantai bercat krem yang dihiasi dengan variasi bentuk salib di bagian dindingnya.

Sementara dua patung lainnya menunjukkan pose Yesus yang disalibkan dan dipangku oleh Bunda Maria. Hal yang unik dari ketiga patung ini adalah arahnya yang berbeda. Patung Kristus Raja dan patung Yesus dipangkuan Bunda Maria menghadap ke arah Timur.

Hal ini bertujuan sebagai penanda bagi kapal-kapal laut yang masuk dari arah Laut Arafuru ke Saumlaki. Sementara patung penyaliban Yesus yang memiliki tinggi 10 meter itu menghadap ke arah Utara.

Monumen Kristus Raja ini dibangun oleh Pemerintah Daerah Maluku Tenggara Barat pada tahun 2004 silam. Tempat ini khusus dijadikan sebagai destinasi wisata rohani di Saumlaki. Pada 2006, monumen patung Yesus ini diresmikan dan diberkati oleh Duta Vatikan untuk Indonesia Mgr Ranjit Patabendigde.

Selain digunakan sebagai destinasi wisata, monumen ini juga dipakai untuk menggelar kegiatan keagamaan, khususnya umat Katolik. Biasanya mereka akan menggelar sembahyang, misa dan bahkan arak-arakan patung arca Yesus.

Monumen Kristus Raja berdiri di lahan dengan luas sekitar empat hektar. Ada dua bangunan utama di area monumen. Satu bangunan dengan altar berbentuk perahu batu untuk misa, satu lagi bangunan patung Yesus memberkati untuk sembahyang.

7. Patung Jesus de Greatest di Nigeria
Patung Jesus de Greatest di Nigeria
Patung Jesus de Greatest di Nigeria (Foto: www.ghanacelebrities.com)

Di Negeria berdiri sebuah patung Yesus Kristus terbesar di Afrika. Patung itu dinamakan Jesus de Greatest. Ditengah guncangan penganiayaan terhadap umat Kristen yang dilakukan gerombolan teroris Boko Haram, Nigeria justru mendirikan patung Yesus Kristus setinggi 9 meter yang diklaim sebagai yang terbesar di benua Afrika.

Patung yang terbuat dari marmer putih dan diberi nama”Jesus de Greatest” itu berdiri dengan telapak kaki telanjang dan kedua tangan terentang, dengan bobot 40 ton. Lebih dari 100 pastor dan umat Katolik menghadiri acara peresmian itu di desa Abajah, wilayah tenggara Nigeria.

Patung ini diinisiasi oleh pengusaha setempat Obinna Onuoha, yang menyewa sebuah perusahaan asal Tiongkok untuk memahat dan menempatkannya di halaman sebuah gereja berkapasitas 2.000 orang, yang dia bangun pada 2012.

Dalam kotbah misa sebelum peresmian patung tersebut, Uskup Augustine Tochukwu Okwuoma mengatakan patung itu akan menjadi “simbol keimanan yang sangat besar” bagi umat Katolik dan juga orang-orang yang melintas. “Ini akan mengingatkan mereka akan pentingnya Yesus Kristus,” kata Okwuoma.

Onuoha, 43, pengusaha perusahaan distribusi minyak dan gas, mengatakan peresmian patung tersebut bertepatan dengan hari jadi pernikahan orangtuanya yang ke-50.

Nigeria yang memiliki 170 juta penduduk adalah negara paling padat di Afrika dan memiliki komunitas Kristen yang relatif lebih makmur di wilayah selatan dan komunitas Muslim di utara, dan acapkali menjadi sumber ketegangan.

Kehadiran kelompok militan Boko Haram yang ingin membentuk negara sendiri dalam enam tahun terakhir telah menewaskan lebih dari 17.000 orang, namun sebagian besar kekerasan terjadi di wilayah utara. Kelompok ini terus menjadi ancaman pemerintah, yang mengklaim bahwa perang melawan kelompok itu “secara teknis” telah dimenangkan.

8. Patung Cristo Rei di Dili, Timor Leste
Patung Cristo Rei di Dili
Patung Cristo Rei di Dili (Foto: http://timorleste-blog.blogspot.co.id)

Patung ini Diresmikan pada tanggal 15 Oktober 1996 oleh Presiden Soeharto. Pada masa itu, Dili yang merupakan ibu kota Provinsi Timor Timur masih menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebelum akhirnya melepaskan diri pada 20 Mei 2002.

Patung ini dikerjakan oleh seniman Mochamad Syailillah, yang akrab disapa Bolil. Pembuatannya, memakan waktu hampir satu tahun di Sukaraja, Kota Bandung, Jawa Barat.

Patung Kristus Raja ini berada di ketinggian 90 meter di atas permukaan laut. Terletak di Tanjung Fatucama, sekitar tujuh kilometer dari pusat Kota Dili.

Patung yang memiliki ketinggian 27 meter, ketika itu merupakan patung tertinggi kedua di dunia setelah patungChrist the Redeemer di Rio de Janeiro, Brasilia (Tingginya, 38 meter).

Gagasan pembuatan patung bermula dari Gubernur Timor Timur Jose Osario Soares. Ketika itu, sang gubernur menyampaikan ide itu kepada Soeharto, yang ditujukan sebagai bingkisan ulang tahun integrasi Timor Timur ke Indonesia. Museum Rekor Indonesia pernah memberikan penghargaan sebagai patung Kristus Raja tertinggi di Indonesia.

Patung ini menjadi symbol perdamaian yang diberkati Uskup Carlos Filipe Ximenes Belo. Patung Kristus Raja ini menjadi simbol bagi warga untuk menggantungkan harapan akan kedamaian, kesejahteraan, dan kehidupan yang lebih baik di Tanah Lorosae.

Saat ini patung Kristus Raja ini menjadi salah satu objek wisata rohani popular di Timor Leste. Pada akhir pekan, banyak warga ataupun wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini.

Untuk mencapai Puncak Kristus Raja, pengunjung harus mendaki ratusan anak tangga dan melewat 14 titik pemberhentian yang melambangkan perjalanan Yesus Kristus.

Dari tempat patung ini didirikan, pengunjung bisa menyaksikan birunya laut tanjung Fatucama yang berbalut pasir putih. Pemandangan matahari tenggelam serta Kota Dili dapat terlihat jelas. Selain itu perbukitan menjulang bisa menjadi elemen yang sempurna dari tempat ini.

9. Patung Cristo Rei di Lisbon, Portugal
Patung Cristo Rei di Lisbon
Patung Cristo Rei di Lisbon (Photo: YouTube.com)

Lisbon menjadi salah satu kota di dunia yang memiliki casino terbesar. Tidak hanya casino, ternyata kota Lisbon juga memiliki sebuah patung Yesus yang menjadi simbol bagi orang beragama Kristen dan Katolik. Patung ini dibuat selama 10 tahun, yaitu dari tahun 1959 sampai dengan 1969.

Ceriteranya ketika Kardinal Lisbon mengunjungi patung Yesus di Rio de Janeiro, ia juga tertarik untuk mendirikan satu patung yang sama di Lisbon. Patung ini kemudian diberi nama Cristo Rei yang juga berarti Yesus Sang Raja.

10. Patung Lux Mundi di Ohio, Amerika Serikat
Patung Lux Mundi di Ohio
Patung Lux Mundi di Ohio (Foto: Wikipedia.com)

Patung Yesus yang diberi nama Lux Mundi ini terletak di Ohio, Amerika Serikat. Patung ini dibangun pada tahun 2010 sebagai pengganti dari patung Yesus King of Kings yang hancur terbakar karena tersambar petir pada tahun 2010.

King of Kings yang hancur tersambar petir tersebut memiliki tinggi 19 meter. Sedangkan patung penggantinya yang bernama Lux Mundi ini memiliki tinggi yang lebih pendek yakni 15,8 meter namun tidak kalah mengagumkannya.

11. Christ of Vung Tàu, Vietnam
Patung Christ of Vung Tàu di Vietnam
Patung Christ of Vung Tàu di Vietnam (Foto: Livingnomads.com)

Patung yang menjadi salah satu objek wisata di Vietnam ini dibangun di gunung Nho, Vung Tau dengan tinggi yang mencapai 31 meter.

Menjadi perwakilan Patung Yesus di Asia. Patung terkenal yang berlokasikan di Vietnam ini didirikan pada tahun 1974 namun konstruksinya sendiri baru selesai pada tahun 1993.

Uniknya, meskipun di Vietnam telah dibangun patung Yesus raksasa ini, namun kebanyakan orang di Vietnam tidak menganut agama Katolik maupun Kristen. Tercatat hanya sekitar 10% penduduk yang memeluk agama Kristen dan Katolik.

12. Christ of the Abyss, Laut Mediterania
Christ of the Abyss
Christ of the Abyss (Foto: Redbull.com)

Mungkin merupakan patung Yesus terkenal yang letaknya lain daripada lain. Berlokasi di bawah laut Mediterania tepatnya di antara Camogli dan Portofino. Christ of The Abyss merupakan patung Yesus terkenal yang dibuat dengan menggunakan perunggu. yang menariknya adalah patung ini terletak di dasar laut Mediterania.

Meskipun di beberapa tempat terdapat patung Yesus yang juga berada di dasar laut, namun hanya patung inilah yang paling terkenal.

Karena keberadaanya yang berada di dasar laut, banyak orang merasa tertarik untuk melihat secara langsung keindahan patung Yesus setinggi 2,4 meter ini. Selain dapat melihat keindahan patung ini, wisatawan juga akan mengagumi keindahan laut Mediterania.

Itu tadi 12 Patung Yesus Kristus Tertinggi dan Terbesar di Dunia. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini agar semakin banyak orang yang tahu. 

Dikumpulkan dari berbagai sumber

Aplikasi Android Amorpos

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

21.5k shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
7
Marah
Sedih Sedih
2
Sedih
Lucu Lucu
7
Lucu
Suka Suka
162
Suka
Bahagia Bahagia
81
Bahagia
Wow Wow
5
Wow

7 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like