3 Hal yang Patut Kamu Ketahui Tentang Tanda Salib


3 Hal Tentang Tanda Salib, Amorpost.com-Sebagai orang Katolik, kita selalu memulai doa dengan tanda salib. Entah di misa maupun doa-doa harian kita, itu sudah merupakan tanda patent bagi orang Katolik.

Karena begitu lazimnya tanda salib bagi kita, seringkali tanda salib dibuat hanya karena kebiasaan dan spontanitas belaka bahkan instinktive belaka. Namun, tahukah Anda bahwa tanda salib sangat sarat makna?

Telapak tangan terbuka adalah simbol berkat. Sebaliknya tradisi Timur, ketiga jari (ibu Jari, jari telunjuk dan jari tengah) menyatuh, sedangkan jari manis dan kelingking terlipat ke bawah.

Ketiga jari tangan adalah tanda kesatuan Tritunggal Mahakudus, Bapa, Putera dan Roh Kudus. Sedangkan lipatan dua jari (jari manis dan jari kelingking) adalah simbol bahwa Yesus sungguh Allah dan sungguh manusia.

Lebih lanjut, ada tiga makna penting saat membuat tanda salib.

1. Trinitas adalah inti iman Kristiani. Itu artinya mulai dari pewahyuan, Kristologi, Ekklesiologi, sakramen-sakramen, Gereja, misi dan bahkan ekologi berpusat pada Tritunggal Mahakudus.

2. Anda berharga. Anda sangat berharga dimata Tuhan sehingga Ia rela mati disalibkan demi keselamatan Anda.

3. Asal dan tujuan Hidup. Hal itu menjawab dua pertanyaan mendasar; Dari mana kita berasal? Apa Tujuan Hidup kita?

Jawabannya adalah Allah menciptakan kita untuk mengenal Dia, mencintai Dia dan melayani Dia serta hidup bersama Dia selamanya. Itulah makna dari hidup kita didunia dan di akhirat.

Demikianlah tiga makna penting saat membuat tanda salib. Jadi, janganlah membuat tanda salib hanya karena kebiasaan, tetapi lakukanlah itu dengan penuh kesadaran.

Sumber: Romo Mike Schmitz

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

13.8k shares
Adrian B.

Alumnus Ateneo de Manila University, Philippines

What's Your Reaction?

Marah Marah
2
Marah
Sedih Sedih
1
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
20
Suka
Bahagia Bahagia
22
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like