5 Cara Menjaga Konsentrasi Selama Misa. Nomor 5 Sering Kita Alami


5 Cara Menjaga Konsentrasi Selama Misa. Nomor 5 Sering Kita Alami, Amorpost.com – Misa atau perayaan Ekaristi adalah sumber kehidupan rohani umat Kristiani. Dalam Ekaristi kita merayakan syukur atas kurban penebusan Yesus Kristus untuk keselamatan semua umat manusia, sekali untuk selamanya.

Mengingat begitu sakralnya perayaan Ekaristi, umat yang datang untuk merayakannya harus memusatkan hati dan pikiran terhadap perayaan Ekaristi itu sendiri.

Untuk menjaga konsentrasi penuh selama Misa, kita perlu latihan dan tak lelah untuk mencoba. Berikut ini adalah 5 cara yang bisa kamu lakukan agar konsentrasimu selama mengikuti Misa tidak mudah buayar.

Tips menjaga konsentras selama Misa
Tips menjaga konsentras selama Misa (Foto: pixabay.com)

1. Mulailah dengan doa

Sebaiknya tidak terlambat untuk datang ke gereja saat hendak mengikuti Misa. Dengan tiba lebih awal, kamu punya kesempatan untuk berdoa secara pribadi.

Bingung apa yang harus kamu doakan? Kamu bisa mendaraskan doa berikut ini.

“Tuhan Yesus, kami berkumpul di sini untuk menyaksikan sebuah keajaiban. Kami bergabung dengan para malaikat dan orang-orang kudus dan, seperti yang dikatakan oleh St. Yohanes Paulus II, ‘Maria hadir, dengan Gereja dan sebagai Ibu Gereja pada setiap perayaan Ekaristi kita.’ Melalui perantaraan Buna Maria, bantulah saya agar saya bisa masuk ke dalam Misa ini.”

Lihatlah patung Maria, dan patung orang-orang kudus dan malaikat, untuk mengingatkan kamu akan kehadiran mereka.

2. Pilihlah seseorang yang ingin kamu doakan dalam Misa

Tidak perlu memberi tahu temanmu atau siapa pun itu bahwa kamu akan mendoakan dia. Bawalah dia, terutama mereka yang sangat membutuhkan doa-doa kita, dalam Misa. Ini akan membantu kamu mengingat betapa orang-orang itu sangat membutuhkan doa-doamu sehingga kamu dapat berdoa dengan lebih khusyuk.

3. Lihat Salib itu…

Kalau pikiran kamu ke mana-mana dan sudah tidak bisa konsentrasi, lihatlah salib yang ada di altar. Sambil memandang Yesus yang tersalib, resapi kata-kata yang diucapkan dalam Misa dan dengarkan serta hayati lirik-lirik lagu yang dinyanyikan.

4 Bertanya pada diri sendiri

Ada orang yang justru takut untuk masuk ke dalam inti perayaan Ekaristi. Orang-orang tertentu menjadi sangat takut, atau merasa diri tidak layak, untuk membangun hubungan yang akrab dengan Tuhan. Kalau kamu sedang mengalami hal itu, bertanyalah pada diri sendiri apa alasannya.

Kenali diri sendiri, kenali kelemahan-kelemahan yang ada dalam diri dan bawalah semua itu dalam doa sepanjang Misa. Tuhan tidak menutup mata bagi mereka yang sungguh menyesali kesalahannya dan mau berbalik kepada-Nya.

5. Kehadiran orang-orang di sekitar membuatmu terganggu?

Harus diakui bahwa saat kita mengikuti Misa, kehadiran orang-orang di sekitar sering membuat kita kurang konsentrasi. Entah itu mereka ribut, orang yang tidak kita sukai, atau pun cara berpakaian mereka yang membuat kita kurang nyaman.

Kalau sudah seperti itu, tenangkan diri dan alihkan pandangan ke benda atau alat-alat liturgi yang digunakan dalam Misa, yang menyumbolkan kehadiran Kristus. Misalnya, altar, lilin, jubah, bejana suci, salib, patung dan lain-lain.

Benda-benda yang diletakan di situ pasti punya maksud untuk menyatakan kehadiran Allah dalam rumah-Nya yang kudus. Dengan memandangnya kamu bisa kembali berkonsentrasi.

Iniliah lima tips sederhana yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan konsentrasi selama mengikut Misa. Cobalah langkah-langkah ini ketika kamu mengalami kesulitan berkonsentrasi selama Misa.

Sumber: Aleteia

Aplikasi Android Amorpos

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

57 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
1
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like