7 Patung Yesus Tertinggi dan Terbesar di Indonesia. Nomor 6 Paling Unik,


7 Patung Yesus Tertinggi dan Terbesar di Indonesia. Nomor 6 Paling Unik, Amorpost.com – Salah satu patung Yesus paling terkenal adalah Patung Kristus Penebus (bahasa Portugis: Cristo Redentor) di Rio de Janerio, Brasil.

Patung dengan tinggi 38 meter itu menjadi salah satu ikon Brasil. Cristo Redentor yang sebelumnya memegang rekor sebagai patung tertinggi di dunia kini mulai bersaing dengan beberapa patung Yesus dari Indonesia.

Berikut 7 patung tertinggi dan terbesar di Indonesia, bahkan dunia. Simak ulasannya berikut ini:

1. Patung Yesus Buntu Burake di Toraja, Sulawesi Selatan
Patung Yesus Buntu Burak
Patung Yesus Buntu Burak (Foto: Nitasellya.com)

Patung Yesus Buntu Burake merupakan patung Yesus tertinggi di dunia. Patung ini terletak di Puncak Buntu Burake, Kelurahan Buntu Burake, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Patung dengan tinggi 45 meter ini diresmikan pada Agustus 2015 dan kini menjadi salah satu landmark di Sulawesi Selatan. Banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini untuk menyaksikan keindahan landmark yang berdiri di atas bukit setinggi 1.700 meter itu.

Seniman asal Yogyakarta, Supriadi, dipercayakan untuk mengerjakan patung ini. Dibutuhkan dana sekitar Rp 30 miliar untuk bisa merampungkan patung ini hingga selesai.

2. Patung Yesus Memberkati di Bitung, Sulawesi Utara
Patung Yesus Memberkati Manado
Patung Yesus Memberkati Manado (Foto: Kompas.com/RONNY ADOLOF BUOL)

Selain Patung Yesus di Tana Toraja, Sulawesi juga mempunyai landmark lain yakni patung Yesus Memberkati. Patung raksasa setinggi 30 meter ini dibangun di Kompleks Citraland Winangun, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Patung Yesus ini terbilang unik karena memiliki kemiringan mencapai 20 derajat sehingga patung Yesus terlihat seperti melayang dengan kedua tangan terangkat.

Baca juga : 12 Patung Tertinggi dan Terbesar di dunia. 3 dari Indonesia

Selain sebagai landmark di Sulawesi Utara, patung Yesus Memberkati ini juga menjadi objek wisata yang menarik wisatawan baik dalam dan luar negeri.

3. Patung Kristus Raja di Saumlaki, Maluku
Patung Kristus Raja Saumlaki
Patung Kristus Raja Saumlaki (Foto: Kompas.com/WAHYU ADITYO PRODJO)

Salah satu patung Yesus tertinggi di Indonesia ada di Pulau Yamdena, Desa Olilit Timur, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Saumlaki, Provinsi Maluku.

Patung Yesus ini memiliki tinggi 25 meter termasuk penyangganya. Menariknya, di bagian bawah patung ini terdapat sebuah bangunan kapela yang bisa dipakai untuk Misa Kudus.

Patung ini menghadap langsung ke Laut Arafuru dan menyambut setiap orang yang datang ke pulau itu. Kini, patung Kristus Raja Saumlaki menjadi salah satu destinasi wisata di Maluku.

4. Patung Yesus di Pulau Lembeh Bitung, Sulawesi Utara
Patung Yesus di Lembeh Bitung
Patung Yesus di Lembeh Bitung (Foto: Skyscrapercity.com)

Sulawesi Utara tidak saja memiliki patung Yesus Memberkati di Manado. Provinsi ini juga memiliki patung Yesus yang memiliki tinggi hingga 35 meter di Kelurahan Dorbolaang, Lembeh Selatan, Pulau Bitung, Sulawesi Utara.

Patung ini juga mengalahkan tinggi Patung Yesus di Rio de Jenerio, Brasil. Kini, Patung Yesus yang menghadap langsung ke Selat Lembeh itu menjadi salah satu objke wisata terkenal di Sulawesi Utara.

5. Patung Yesus Kristus di Pulau Mansinam, Manokwari
Patung Yesus di Mansinam
Patung Yesus di Mansinam (Foto: Gemapapua)

Patung Yesus Kristus ini terletak di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat. Ini merupakan ikon dari penyebaran Injil di Tanah Papua.

Patung dengan tinggi 30 meter ini (tinggi 14,5 meter dan 15 meter tinggi penyangga). Pemerintah setempat menghabiskan dana sekitar Rp 7-8 miliar untuk membangun monumen ini.

Uniknya, patung ini diresmikan langsung oleh Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada 24 Agustus 2014.

6. Patung Yesus Kristus di Merauke, Papua
Patung Yesus Kristus di Merauke
Patung Yesus Kristus di Merauke (Foto: beritadaerah.co.id)

Selain memiliki patung Yesus di Pulau Mansinam, Papua juga memiliki monumen serupa di Merauke. Ya, kota paling timur Indonesia ini memiliki sebuah patung Yesus dengan tinggi mencapai 12 meter.

Patung ini diresmikan pertama kali pada 14 Agustus 2011. Pembangunan patung ini sbagai monumen untuk memperingati hari pertama masuknya Gereja Katolik ke Kota Merauke.

7. Patung Yesus Memberkati di Balirangeng, Sulawesi Utara
Patung Yesus di Balirangen
Patung Yesus di Balirangen (Foto: Gittawaloni)

Sulawesi Utara juga memiliki sebuah objek wisata religi berupa patung Yesus Kristus di Kampung Balirangeng, Kecamatan Siau Timur Selatan, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara.

Baca juga : Aturan Baru Vatikan tentang Penggunaan Roti dan Anggur untuk Ekaristi

Patung Yesus ini dibuat dengan corak merah putih dan menghadap langsung ke laut. Hingga kini, monumen ini menjadi salah satu objek wisata yang menjadi ikon dan daya tarik dari wilayah itu.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada info tambahan, silakan berikan komentar kamu di kolom komentar. Jangan lupa SHARE artikel ini agar semakin diketahui masyarakat Indonesia.

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

849 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
3
Lucu
Suka Suka
20
Suka
Bahagia Bahagia
9
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

Comments 3

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Puji TUHAN,
    semoga suatu saat kelak di daerah Kalimantan juga akan di bangun Monumen YESUS KRISTUS.

You may also like