90 Tahun Kongregasi Frater BHK di Indonesia: Mencerdaskan Bangsa Lewat Pendidikan Kawula Muda


Frater BHK Maumere
Foto: Yuven Fernandez (Maumere)

90 Tahun Kongregasi Frater BHK di Indonesia: Mencerdaskan Bangsa Lewat Pendidikan Kawula Muda, Amorpost.com – Tanggal 2 Februari 2018 merupakan hari penuh rahmat bagi keluarga besar Kongregasi Frater Bunda Hati Kudus (BHK) karena kongregasi yang didirikan Uskup Utrecht Belanda Mgr. Andreas Ignatius Schaepman pada tanggal 13 Agustus 1873 ini merayakan Syukur 90 tahun Karya Kongregasi Frater BHK di Indonesia.

Perayaan Syukur yang dilaksanakan Biara Frater BHK St. Yosef Maumere bersama dua unit karya SMPK dan SMAK Frateran Maumere sekolah asuhannya dilaksanakan di Aula Mardiwiyata Maumere Jumad 2 Februari 2018.

“Dalam Kegembiraan,Syukur serta Pengharapan Kami Berziarah Pada  Bunda Hati Kudus Menyongsong Hari Depan” menjadi tema dalam perayaan syukur itu.

Frater BHK Maumere
Foto: Yuven Fernandez (Maumere)

Konselebran utama Pastor Cyriakus Ndolu O.Carm didampingi Pastor Willy Boy,Pr dan Pastor Edgar,RCJ dalam kotbahnya mengatakan, 90 tahun biarawan Kongregasi Frater BHK sebagai pelaku hidup bakti dalam karyanya selama 90 tahun di Indonesia telah mencerdaskan kehidupan bangsa lewat pendidikan bagi kawula muda.

Bertepatan dengan seluruh gereja merayakan pesta Yesus dipersembahkan di Kenisah Allah jelas Prior Biara Carmel Wairklau Maumere Para Biarawan Frater BHK sebagai pelaku hidup bakti menyerahkan diri seutuhnya kepada Tuhan.

“Mereka ini sudah dikhususkan untuk Allah. Para Frater BHK ini bagaikan Boneka India boleh dipandang tapi jangan diraba,”ungkap Pastor Cyriakus disambut tertawa umat yang hadir.

Menurut tradisi kuno kata Biarawan Karmel ini kaum religious sebagai pelaku hidup bakti hanya melihat dan mengabdi Allah semata-mata.

“Sebelum kaul kekal Para Frater BHK boleh buka mata lebar-lebar untuk melihat keindahan dunia tetapi setelah kaul kekal tutup mata rapat-rapat dan hanya mengabdi kepada Tuhan,”demikian Pastor Cyriakus sambil meminta untuk mendoakan Para Frater BHK.

Pimpinan Biara BHK St. Yosef Maumere Frater M. Herman, BHK pada kesempatan itu menggambarkan kehadiran Frater BHK asal Belanda di Indonesia tahun 1928 dan menjadikan Malang Jawa Timur sebagai pusat biara.

Frater BHK Maumere
Foto: Yuven Fernandez (Maumere)

Kemudian kata Frater Herman, Kongregasi Frater BHK tahun 1945-1958 melebarkan sayapnya ke Nusa Tenggara Timur di Kupang, Ndao Ende, SGB Ndona Ende, Maumere, Hokeng dan Podor Larantuka.

Biarawan asal Pulau Lembata ini juga pada kesempatan itu juga menyampaikan bahwa Kongregasi akan mengadakan Kapitel Provinsi maupun Kapitel Umum .

“Dua sekolah dan orang tua kami sangat harapkan doanya agar kapitel ini dapat berjalan lancar,” tambahnya.

Selain itu Frater Overste ini tetap optimis tiap tahun terus meningkat para kawula muda bergabung dengan Kongregasi Frater Bunda Hati Kudus.”

Frater BHK Maumere
Foto: Yuven Fernandez (Maumere)

Musik Kampung, Tarian Tobelo mewarnai acara resepsi di Aula Mardi Wiyata yang dihadiri para guru karyawan/ti SMP dan SMAK Frateran Maumere, Osis SMP dan SMAK Frateran Maumere, para Suster Sang Timur, Suster CIJ, anak asrama SMP Frater dan anak dari enam asrama yang menampung para peserta didik SMAK Frateran Maumere.

Foto dan berita: Yuven Fernandez (Maumere, NTT)

Aplikasi Android Amorpos

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

127 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
1
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like