Allah Peduli Dengan Penderitaan Kita – Renungan Harian Katolik Rabu 6 Desember 2017


Renungan Harian Katolik
Foto: Pixabay.com

Allah Peduli Dengan Penderitaan Kita – Renungan Harian Katolik Rabu 6 Desember 2017, Amorpost.com – Bacaan: Matius 15:29-37

Ada dua mukjizat besar yang dikerjakan Yesus hari ini, yang pertama adalah penyembuhan orang yang lumpuh, timpang, buta, dan bisu; yang kedua adalah memberi makan kepada lima ribu orang yang mengikuti Dia sepanjang hari. Dua mujizat yang dilakukan Yesus ini tentu sangat mengagumkan kita.

Bila kita memperhatikan dengan saksama, maka di sana ada satu benang merah yang menghubungkan keduanya, yang sekaligus menjadi pesan yang mau disampaikan Yesus kepada setiap orang Katolik, yaitu pentingnya memiliki hati yang berbelas kasih kepada sesama yang sakit dan berkekurangan.

Dan pesan itu terungkap jelas dalam ucapan Yesus ini: “hati-Ku tergerak oleh belas kasihan…” (Mat.15:32)

Hati Yesus tergerak sehingga Ia menyembuhkan orang-orang dengan berbagai macam penyakit dan memberi makan kepada lima ribu orang banyaknya.

Dengan tindakan menyembuhkan penyakit dari para penderita, dan memberi makan kepada lima ribu orang yang mengikuti dia, sebenarnya Yesus mau mewartakan kasih Allah Bapa yang tak terbatas kepada setiap umat manusia. Bahwa Allah peduli dengan penderitaan dan kekurangan manusia.

Allah peduli dengan kelaparan akan makanan, kelaparan akan cinta kasih dan kelaparan akan perhatian yang melanda kehidupan manusia zaman now. Allah MASIH peduli dengan kita.

Apakah kita juga tergerak hati menyaksikan begitu banyak orang berkekurangan di lingkungan hidup kita? Apakah kita peduli dengan kekurangan sesame kita

Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat mencatat jumlah penduduk miskin Indonesia pada bulan Maret 2016 sebanyak 28,01 juta atau 10,86% dari jumlah penduduk Indonesia. Jumlah ini berkurang jika dibandingkan dengan September 2015 yang tercatat 28,51 juta orang atau 11,13 persen.

Bila kita memperhatikan data ini, maka di sana memang ada penurunan tetapi tidak begitu signifikan. Indonesia masih memiliki banyak orang yang hidupnya di bawah standar yang wajar.

Mereka masih membutuhkan uluran tangan pemerintah, gereja dan kita semua untuk meringankan beban hidup mereka. Itu belum terhitung mereka yang lapar dan haus akan perhatian, cinta kasih dan keadilan. Masih ada banyak yang membutuhkan bantuan kita.

Hari ini Yesus mengetuk hati kita supaya membuka pintu belaskasihan kepada kelompok ini. Mungkin diantara mereka ada yang tinggal didalam lingkungan kita, ada yang bekerja bersama kita.

Yesus terus mengetuk hati kita, memanggil kita untuk terlibat dalam kegiatan sosial, yang dapat meringankan penderitaan sesama kita yang berkekurangan ini. Allah memanggil kita untuk ikut mengambil bagian dalam kepedulian Allah ini. (LN)

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

413 shares
Gita Iman

Khusus renungan harian Gereja Katolik. Terbit setiap hari di kolom Renungan.
Untuk kritik dan saran, silakan email ke info@amorpost.com

What's Your Reaction?

Marah Marah
1
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
4
Suka
Bahagia Bahagia
2
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like