Apakah yang Kamu Cari? – Renungan Harian Katolik 4 Januari 2018


Renungan Harian Katolik
Foto: Pixabay.com

Apakah yang Kamu Cari? – Renungan Harian Katolik 4 Januari 2018, Amorpost.com – Bacaan: Yohanes 1: 29-34

Kisah pencarian Mesias oleh kedua murid Yohanes sangat unik dan menarik. Mereka telah mengikuti Yohanes cukup lama, tetapi pada suatu hari, ketika mereka sedang menemani Yohanes, lewatlah Yesus di depan mereka.

Yohanes pun menunjuk kepada Yesus sambil berkata: “Lihatlah Anak Domba Allah!” Kedua murid itu pun segera meninggalkan Yohanes dan mengikuti Yesus.

Menyadari bahwa ada yang mengikuti Dia dari belakang, Yesus lalu berbalik dan bertanya kepada kedua murid itu: “Apakah yang kamu cari? Mereka pun menjawab: “rabi (guru) di manakah Engkau tinggal?

Jawab Yesus: “marilah dan kamu akan melihatnya.” Kedua murid itu akhirnya tidak saja melihat tempat Yesus tetapi tinggal bersama dengan Dia, dan bahkan Andreas memanggil saudaranya Simon dan mengajak dia untuk bertemu dengan Yesus.

Kita ingin merenungkan pertanyaan Yesus kepada kedua murid Yohanes: “apakah yang kamu cari?”.kedua murid Yohanes ini tidak menjawab langsung pertanyaan Yesus tetapi balik bertanya, dimanakah Yesus tinggal. Hal ini bukan mereka tidak bisa menjawabnya, tetapi mereka mau tinggal bersama Dia, dan mau mengenal lebih dekat, Anak Domba Allah itu.

Dan rupanya apa yang mereka cari ada dalam diri Yesus, sehingga Andreas pun memanggil Simon untuk bertemu dengan Yesus.

Dan mereka pun akhirnya menjadi murid-murid pertama Yesus. Tetapi apakah dengan memutuskan untuk tinggal bersama dengan Yesus itu, iman mereka telah kuat dan motivasi mereka pun tulus iklas mengikuti Yesus? Tidak! Motivasi mereka masih banyak terkontaminasi oleh banyak keinginan duniawi.

Mereka masih dipenuhi dengan nafsuh berkuasa, nafsuh materi, dan motivasi-mativasi pribadi lainnya. Ada beberapa tahap dimana Yesus menantang mereka, dan mengatai mereka sebagai orang bodoh. Mereka salah menafsir kekuasaan yang dibawa Yesus.

Kita masih ingat permintaan ibu Yakobus supaya kedua anaknya Yakobus dan Yohanes ditempatkan disisi kiri dan kanan, bila kelak Yesus menjadi raja; kita juga masih ingat para murid bertengkar tentang siapa yang terbesar diantara mereka.

Sebenarnya setiap kali ada tantangan seperti di atas, secara simbolis Yesus bertanya lagi: apakah yang kamu cari?

Proses panggilan murid-murid pertama ini sama dengan perjalanan pertumbuhan iman kita sebagai orang Katolik. Setiap orang Katolik yang sudah dipermandikan akan mengalami proses pencarian yang terus menerus hingga memahami siapa sebenarnya Yesus, Anak Domba Allah itu.

Iman kita akan ditantang terus menerus. Yesus akan bertanya terus menerus kepada kita: apakah yang kamu cari?. Iman kita mengalami perkembangan kematangan dari waktu ke waktu, dari tantangan ke tantangan, bagaikan emas yang dimurnikan dalam tanur api.

Kematangan iman kita bertumbuh secara bertahap dari waktu ke waktu, dari motivasi duniawi dan makin lama bertumbuh menuju motivasi rohani yang lebih tinggi. Kita pun mengenal Yesus dari tahap ke tahap hingga akhirnya kita mengakui dengan penuh keyakinan bahwa Yesus adalah jalan, kebenaran dan kehidupan kita.

Saudara, Yesus masih bertanya kepada kita sekarang juga: apakah yang kamu cari? Apakah yang kita cari adalah kenikmatan hidup, kekayaan, kekuasaan, seks, kehormatan dan kebutuhan pribadi lainnya? Atau kah yang kita cari adalah hal-hal rohani yang berguna bagi perkembangan iman kita?  Apakah yang kamu cari…….? (LN)

Aplikasi Android Amorpos

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

163 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
1
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
5
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Wow Wow
2
Wow

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like