Belajar Mendengarkan-Renungan Harian Katolik Rabu 10 Januari 2018


Belajar Mendengarkan-Renungan Harian Katolik Rabu 10 Januari 2018, Amorpost.com-Dalam bacaan pertama dari Samuel (1 Sm 3:1-10, 19-20), kita belajar banyak tentang pentingnya mendengarkan. Sementara Samuel sedang tidur ia percaya bahwa ia mendengar Eli memanggil namanya.

Setelah menanggapi Eli beberapa kali, Eli memerintahkan Samuel, “Pergi tidur, dan jika Kamu dipanggil, balaslah, ‘Bicaralah, TUHAN, karena hambamu ini sedang mendengarkan.'”

Jadi, Samuel mengikuti perintah Eli dan ketika dipanggil lagi dia menanggapi. Oleh karena itu, Tuhan menyertai Samuel, memberi dia wawasan, kebijaksanaan, dan kekuatan sebagai salah satu nabi-Nya.

Bacaan hari ini menggarisbawahi pentingnya mendengarkan. Hidup kita penuh dengan obrolan tanpa henti; Dari TV, radio, internet, smarphones dan lain sebagainya.

Mendengarkan
Mendengarkan (Foto: pixabay)

Kita sepertinya dibombardir oleh suara-suara tersebut. Kita menjadi kecanduan akan suara-suara tersebut. Semua suara itu menggerogoti kita untuk merefleksikan hidup kita dan menemukan makna terdalam hidup kita.

Bacaan dari Samuel tersebut mengingatkan kita bahwa kita tidak hanya perlu mendengarkan, tapi kemudian terbuka terhadap apa yang kita dengar, terutama dari Tuhan. Sewaktu kita membuka diri kita kepada firman Allah dihibur oleh Dia yang menyertai kita dalam suka dan duka.

Tapi, ingat, semuanya dimulai dengan mendengarkan.

Dalam bacaan Injil, Markus 1: 29-39, kita melihat Yesus sebagai kontemplatif dalam tindakan. Yesus melakukan tindakan yang menakjubkan seperti menyembuhkan orang sakit dengan berbagai penyakit dan mengusir setan.

Kita kemudian melihat pentingnya secara aktif mencari waktu untuk refleksi dan doa. Kita belajar dari Yesus yang pergi ke tempat yang sunyi untuk berdoa.

Doa menjadi sumber energi bagi Yesus untuk bermisi. Melalui doa, Yesus mampu melakaukan pekerjaan yang luar biasa itu.

Seiring berjalannya waktu, sebaiknya kita luangkan waktu untuk mematikan obrolan. Ada banyak berita buruk di luar sana baik di tingkat nasional maupun internasional.

Matikan suara dan lagu yang mengganggu kita untuk berdoa dan berefleksi. Mari kita benar-benar mendengarkan dan membiarkan kata-kata Tuhan membimbing kita untuk membuat perbedaan positif dalam kehidupan orang-orang di sekitar kita. Semoga Amores…

Aplikasi Android Amorpos

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

165 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
2
Suka
Bahagia Bahagia
2
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like