Catatan Paus Fransiskus untuk Para Guru SD: Ciptakan Budaya Pertemuan


Catatan Paus Fransiskus untuk Para Guru SD: Ciptakan Budaya Pertemuan, Amorpost.com-Pada hari Jumat (05/01/2018), Paus Fransiskus bertemu dengan Asosiasi Guru Sekolah Dasar Italia. Dalam pertemuannya itu ia menyoroti pentingnya mendidik anak-anak muda agar bersikap terbuka dan peduli terhadap orang lain dan lingkungan.

Lebih lanjut, ia mendesak semua guru untuk mempromosikan budaya pertemuan, entah mereka bekerja di sekolah Katolik atau di dalam instansi negara.

Tantangannya, katanya, adalah mendidik anak-anak untuk bersikap terbuka dan tertarik pada orang lain, dengan menghargai sejarah, kekuatan dan kelemahan mereka yang berbeda, sumber daya dan keterbatasan mereka.

Ia pun mengajak para guru untuk memerangi budaya intimidasi. Bapa suci menegaskan bahwa anak-anak harus belajar terbebas dari prasangka yang berasal dari budaya yang kompetitif dan agresif terhadap orang lain, terutama orang asing atau siapapun yang dipandang sebagai penghalang pencapaian pribadi.

Ciptakan Budaya Pertemuan
Ciptakan Budaya Pertemuan (Foto: vaticannews)

Lebih lanjut, bapa suci mengundang baik para guru maupun orangtua untuk membangun kembali hubungan dengan keluarga. Dia mengatakan kepada para guru bahwa ada krisis dimana para siswa “dititipkan” disekolah sehingga orangtua melepaskan tanggungjawab kepada para guru saja.

Oleh karena itu, sangat penting kerjasama yang membangun diantara semua pihak dengan menggunakan saran ahli dari para profesional. Hal itu hanya dapat dicapai jika para guru, orangtua dan tenaga profesional tersebut bekerjasama demi pendidikan anak.

Pada akhirnya Paus menekankan perlunya pendidikan holistik dan ekologis bagi anak-anak. Menurutnya anak-anak tidak hanya diajarkan slogan buku teks, melainkan melatih mereka dalam gaya hidup yang berkaitan dengan kehidupan sosial mereka.

Bapa suci mengemukan contoh untuk melatih budaya ekologis misalnya melestarikan lingkungan ataupun hewan yang mendekati kepunahan. Ia pun mengajak para guru untuk melatih anak-anak memperhatikan kaum lansia dan mereka yang miskin.

Demikianlah catatan penting bapa suci untuk para guru sekolah dasar.

Sumber: Philippa Hitchen, Pope to primary school teachers: create culture of encounter, vaticannews.va

Aplikasi Android Amorpos

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

162 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
1
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like