Dari Mana Asal Kejahatan dan Bagaimana Kita Menjauhkannya dari Hidup Kita?-Renungan Harian Katolik Rabu 7 Februari 2018


Dari Mana Asal Kejahatan dan Bagaimana Kita Menjauhkannya dari Hidup Kita?-Renungan Harian Katolik Rabu 7 Februari 2018, Amorpost.com-Dari mana asal kejahatan dan bagaimana kita menjauhkannya dari hidup kita?

Berhaapan dengan masalah-masalah tersebut, Yesus memberi tanggapan terhadap para pemimpin agama yang lebih memperhatikan kekotoran ritual (kenajisan) eksternal (Markus 7:14-23).

Hal it membuat diri mereka tidak layak mempersembahkan pemujaan dan pengorbanan yang dapat diterima kepada Tuhan. Para pemimpin agama sangat prihatin dengan menghindari kekotoran ritual.

Lebih daripada itu, mereka melakukan ritual-ritual pengorbanan itu karena takut akan Tuhan yang tidak didasarkan iman. Parahnya lagi, karena mereka ingin dipandang sebagai orang Yahudi yang taat.

Yesus mengajak pendengarnya untuk berfokus pada sumber kekotoran yang sesungguhnya yakni keinginan jahat yang berasal dari dalam diri seseorang. Dosa tidak hanya terjadi dari kekuatan luar.

Dari Mana Asal Kejahatan dan Bagaimana Kita Menjauhkannya dari Hidup Kita
Dari Mana Asal Kejahatan dan Bagaimana Kita Menjauhkannya dari Hidup Kita (Foto: pixabay)

Namun, dosa pertama muncul dari relung terdalam dari pikiran dan niat kita, dari keinginan rahasia yang hanya bisa dimiliki oleh pikiran dan hati kita.

Mari kita belajar dari peristiwa Kain dan Habel. Ketika Kain menjadi cemburu pada saudaranya Habel, Tuhan memperingatkannya untuk menjaga hatinya:

“Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya” (Kejadian 4: 7)

Kain sayangnya tidak menghiraukan peringatan Tuhan. Dia membiarkan kecemburuannya tumbuh dalam kebencian yakni kebencian terhadap saudaranya. Akhirnya dia mulai mencari kesempatan untuk melenyapkan saudaranya.

Saat keinginan iri dan keinginan berdosa lainnya mengetuk pintu hati Anda, bagaimana tanggapan Anda?

Ingat, Tuhan tidak meninggalkan kita sendirian dalam perjuangan kita melawan hasrat yang bergelora dan kecenderungan untuk berbuat berdosa. Dia memberi kita anugerah dan kekuatan untuk bertahan dan menaklukkan dosa. Semoga Amores…

Aplikasi Android Amorpos

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

121 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
4
Suka
Bahagia Bahagia
1
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like