Ilmu Padi, Semakin Berisi Semakin Merunduk-Renungan Harian Katolik 4 November 2017


Ilmu Padi, Semakin Berisi Semakin Merunduk-Renungan Harian Katolik 4 November 2017, Amorpost.com-Kerendahan hati adalah keutamaan yang nampaknya kurang begitu menonjol di dunia kita sekarang ini. Entah dilupakan ataupun ketidaktahuan akan keutamaan ini.

Saat ini, setiap orang menginginkan popularitas. Entah populer di dunia politik, social media, artis maupun dalam dunia kerja, pada intinya mereka lebih menononjolkan diri.

Di dalam bacaan injil hari ini, Yesus mengajarkan tentang nilai penyangkalan diri (self denial). Baginya penyangkalan diri berarti kita lebih mementingkan kebutuhan saudara-saudari kita di sekitar kita daripada keinginan-keinginan kita sendiri.

Ilmu Padi
Ilmu Padi (Foto: pixabay)

Perlu diperhatikan kata kebutuhan dan keinginan. Itu bukan berarti kita tidak butuh apa-apa. Namun berhadapan dengan situasi dimana orang lain sedang membutuhkan sesuatu, maka kita harus mengabaikan keingan kita daripada kebutuhan mereka.

Kebutuhan lebih utama daripada keinginan bukan? Jika ada orang yang membutuhkan makanan sedangkan kita menginginkan baju baru, kita seharusnya mengutamakan orang yang membutuhkan makanan itu.

Seringkali di dalam Kitab Suci, Tuhan berbicara kepada orang-orang yang rendah hati bukan karena mereka itu rendah hati tetap karena mereka memberi ruang bagi Tuhan di dalam hati mereka.

Lebih lanjut, orang-orang yang rendah hati tidak selalu mementingkan diri sendiri dengan berpikir bahwa mereka selalu bisa melakukan segala sesuatu yang mereka kehendaki tanpa bantuan orang lain, tetapi mereka selalu melihat kehendak Allah dalam segala sesuatu.

Tentu saja hal tersebut kedengarannya sulit namun berkat rahmat Tuhan hal itu bisa dilakukan. Memang ajaran mengenai kerendahan hati tidaklah mudah untuk dimengerti kalau kita tidak membukan mata hati dan iman kita kepada Tuhan.

Selamat Weekend AMORES…

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

41 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
2
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

Comments 1

Your email address will not be published. Required fields are marked *