Iman Seorang Wanita Asing-Renungan Harian Katolik Kamis 8 Februari 2018


Iman Seorang Wanita Asing-Renungan Harian Katolik Kamis 8 Februari 2018, Amorpost.com-Apa yang Yesus maksud dengan ungkapan “melempar roti ke anjing-anjing?”

Orang-orang Yahudi sering menganggap orang-orang bukan Yahudi sebagai orang-orang yang najis. Bahkan mereka mengatakan bahwa orang-orang bukan Yahudi adalah “Anjing-anjing yang najis.”

Alasan mereka karena orang-orang bukan Yahudi dikecualikan dari perjanjian Allah dengan orang Israel. Bagi orang-orang Yunani, “anjing” itu adalah simbol penghinaan.

Hal itu digunakan untuk menggambarkan seorang wanita yang tak tahu malu dan berani. Injil Matius pun menggunakan ungkapan “Jangan memberi barang yang kudus kepada anjing dan jangan melemparkan mutiara kepada babi, supaya jangan diinjak-injak dengan kakinya, lalu ia berbalik menggoyakmu” (Matius 7: 6).

Tuhan Berbelaskasihan Kepada Mereka yang Mencari-Nya
Tuhan Berbelaskasihan Kepada Mereka yang Mencari-Nya (Foto: pixabay)

Namun, hal itu dimaksudkan supaya kita berhati-hati dalam pewartaan iman kita. Karena ada orang yang akan menerima itu hanya sebatas pengetahuan dan akhirnya memperalat pengetahuannya demi popularitas diri ataupun menyerang balik kita.

Lain halnya dengan konteks bacaan injil hari ini. Yesus pun orang Yahudi, tetapi Ia bersikap berbeda dari orang Yahudi lainnya.

Yesus, tidak diragukan lagi, berbicara dengan senyuman dan bukannya dengan sebuah penghinaan karena wanita ini segera menanggapi dengan kecerdasan dan iman. Wanita itu menjawab Yesus “Bahkan anjing pun memakan remah-remah yang dijatuhkan anaknya.”

Dengan demikian wanita asing itu dipuji Yesus karena imannya yang kokoh dan kasihNya. Dia sadar telah menyebabkan anaknya sengsara oleh karena itu ia rela menderita penolakan untuk mendapatkan penyembuhan bagi orang yang dia cintainya itu.

Lebih lanjut, Iman iman perempuan asing itu tumbuh dalam kontak dengan pribadi Yesus. Dia memulai dengan sebuah permintaan dan dia berlutut dengan doa memuja Tuhan yang hidup.

Tuhan Yesus selalu menolong siapa saja yang mencari-Nnya dengan penuh iman dan harapan entah orang Yahudi maupun bukan Yahudi. Kasihnya itu universal yakni untuk semua orang.

Apakah Anda mencari Yesus dengan iman dan penuh harapan? Semoga Amores…

Aplikasi Android Amorpos

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

181 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
4
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like