Ini Tiga Hal yang Kita Pelajari dalam Peristiwa Yesus Dipersembahkan dalam Bait Allah-Renungan Harian Katolik Jumat 2 Februari 2018


Ini Tiga Hal yang Kita Pelajari dalam Peristiwa Yesus Dipersembahkan dalam Bait Allah-Renungan Harian Katolik Jumat 2 Februari 2018, Amorpost.com-Pada hari ini, gereja merayakan pesta Yesus dipersembahkan di dalam Bait Allah. Persis berkaitan dengan pesta itu, dilukiskan secara indah dalan Injil Lukas 2:22-40 mengenai peristiwa unik itu.

Setidaknya adalah tiga hal yang patut kita pegang sebagai siraman rohani. Pertama, peristiwa Yesus dipersembahkan dalam bait Allah merupakan peritiwa pertemuan.

Apa yang dimaksudkan dengan pertemuan adalah mengenai pertemuan antara yang muda dan yang tua. Bunda Maria dan santo Yoseph adalah perwakilan dari kaum muda, sedangkan Simeon dan Anna adalah perwakilan dari kaum lansia.

Yesus Dipersembahkan Dalam Bait Allah
Yesus Dipersembahkan Dalam Bait Allah (Foto: Amorpost)

Posisi Yesus dalam pertemuan ini adalah sebagi pusat. Bisa kita katakan bahwa Yesus mempertemukan baik orang muda maupun orang tua. Lantas, apa yang mau dipelajari?

Hal yang sekiranya dipelajari adalah baik kaum muda maupun kaum tua harus terus belajar. Mereka yang tua belajar dari kaum muda misalnya belajar dari bunda Maria dan Yosep yang taat hukum, ataupun yang membawa Yesus kepada mereka yang tua.

Begitu pun mereka yang muda belajar dari kaum Lansia seperti halnya Simeon dan Anna yang siang dan malam berdoa di Bait suci, bijaksana dan berpengalaman. Singkatnya, Tuhan Yesus memungkinkan kita untuk rendah hati dan belajar dari yang lain. Entah kita muda maupun tua, kita tidak akan damai sampai kita melihat Mesias.

Hal kedua yang patut kita cermati dari bacaan Injil hari ini adalah pengorbanan dua ekor merpati saat Yesus dipersembahkan kepada Tuhan. Kata para penafsir kitab suci, pengorbanan dua ekor merpati itu merupakan antisipasi akan pengorbanan Yesus di kayu salib.

Hari ini, adalah merpati, namun suatu saat Yesus sendiri yang menyerahkan dirinya untuk dikorbankan sebagai tebusan atas dosa manusia. Wao, kedengarannya sangat heroik bukan?

Ya, heroik jika kita pun mau berkorban untuk orang lain. Pengorbanan tekecil adalah mampu memberikan sesuatu kepada mereka yang membutuhkan. Ataupun ekstrimnya kita pun jangan berbuat dosa lagi kalau kita sadar bahwa seseorang telah berkorban untuk penebusan dosa kita. Bukankah begitu?

10 Ayat Kitab Suci Tentang Kesuksesan
10 Ayat Kitab Suci Tentang Kesuksesan (Foto: pixabay)

Akhirnya hal ketiga yang patut kita renungkan adalah pengalaman Simeon. Dikisahkan bahwa ia adalah orang yang saleh. Siang malam ia bearada di Bait suci, tentu saja ia berdoa bukan?

Digambarkan juga bahwa Ia tidak akan mati kalau belum melihat Mesias. Lalu, ketika tiba peristiwa itu, Ia katakan “Jiwaku damai sekarang, dan Aku boleh istirahat dalam damai.”

Kisah Simeon merupakan suatu kisah hidup manusia dimana kita tidak akan damai sampai kita bertemu dengan Mesias, Yesus sang Juruselamat. Apa maksudnya itu? apakah kita kita perlu tua dulu untuk melihat Tuhan lalu…

Kisah Simeon adalah pencarian akan Tuhan terus menerus. Kita terus menerus mencari Tuhan dalam perjalanan hidup ini.

Mungin kita adalah aktivis gereja ataupun pendoa dalam suatu persekutuan namun kita belum menemukan kedamaian. Mungkin kita orang-orang muda yang bersemangat melayani di gereja namun tidak tenteramdi hati.

Apapun pengalaman kita, ingat santo Agustinus pernah mengatakan, “Our Heart is Restless Until It Rests in You,” kira-kira artinya hati kita tidak akan tenteram sampai beristirahat dalam Dikau.

Itu artinya bahw kadang kita berpikir kita sudah menemukan Yesus dan tenteramlah hidup kita, namun kenyataannya tidak. Selalu saja ada keraguan, tantangan dari orang lain, maupun dalam keluarga kita.

Namun, ditengah gelombang kehidupan ini, ada sesorang yang menjadi pegangan hidup kita yakni Tuhan Yesus. PERCAYALAH!!! Semoga Amores…

Aplikasi Android Amorpos

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

96 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
3
Suka
Bahagia Bahagia
4
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like