Jangan Mencari Pujian dengan Keberhasilan Pekerjaanmu-Renungan Harian Katolik 14 November 2017


Jangan Mencari Pujian dengan Keberhasilan Pekerjaanmu-Renungan Harian Katolik 14 November 2017, Amorpost.com-Bacaan hari ini, Lukas 17: 7-10, cukup tricky. Mengapa tidak?

Pertama, Yesus mengajukan suatu pertanyaan yang tertuju kepada baik pelayan maupun tuan. Kepada seorang “bos” bagaimana mungkin ia membiarkan pelayan makan bersama di mejanya?

Seperti yang Yesus katakan, seorang tuan akan mengatakan kepada pelayannya, “Siapakanlah sesuatu bagiku untuk dimakan?” Oleh karena itu, kedengarannya Yesus pro-tuan atau pro “bos”.

Kedua, pertanyaan Yesus kepada pelayan, “Apakah kamu akan merasa sangat berharga ketika kamu sudah melakukan segala sesuatu yang diperintahkan “bos” mu? Ini kedengarannya suatu sindiran halus.

Rendah Hati Setelah Berhasil
Rendah Hati Setelah Berhasil (Foto: pixabay)

Mengapa? Karena sesudah itu, Yesus memeberi suatu nasihat singkat, “Ketika Engkau telah melakukan segala sesuatu yang telah diperintahkan kepadamu, katakanlah ‘Kita adalah hamba-hamba yang tidak berguna’ kita telah melakukan apa yang diwajibkan untuk dilakukan.”

Pertanyaannya, Apakah Yesus pro-“bos” atau tuan? Ataukah Yesus pro-pelayan atau hamba?

Jawabannya tentu Yesus tidak pro hubungan tuan budak karena di hadapan Yesus semua sama. Yesus sesungguhnya mengkritik sikap hidup kita kaum Farisi yang mencari muka setelah mempraktekkan kewajiban mereka.

Pesannya untuk kita semua adalah jika kita telah melakukan suatu kewajiban, entah di tempat kerja ataupun di gereja, jangan menjadikan pekerjaan itu untuk mencari penghormatan atau untuk dipuji. Hendaknya pekerjaan yang telah diwajibkan itu sebagai pelayanan bagi sesama.

Entah kita berada dalam posisi apapun, baik “bos” maupun pekerja biasa, kita semua adalah pelayan Tuhan dalam ziarah hidup di dunia ini. Bukankah Hidup ini sangat singkat? Jadi, sekecil apapun pekerjaan kita, lakukanlah itu dengan penuh cinta.

Selamat bekerja Amores…

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

295 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
8
Suka
Bahagia Bahagia
1
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *