Jangan Munafik dalam Mentaati Firman Allah-Renungan Harian Katolik Selasi 6 Februari 2018


Jangan Munafik dalam Mentaati Firman Allah-Renungan Harian Katolik Selasi 6 Februari 2018, Amorpost.com-Pada bacaan Injil hari ini, Markus 7:1-13, orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat menuduh para murid Yesus tidak taat hukum karena tidak mencuci tangan saat makan bersama. Apa reaksi Yesus terhadap tuduhan itu?

Yesus menghadapi tuduhan mereka dengan bertitik tolak pada inti permasalahan. Ia melihat maksud dan tujuan Allah untuk hukum-hukum itu.

Yesus memberi contoh bagaimana mereka memanipulasi hukum keempat dari 10 perintah Allah, hormatilah Ibu-Bapamu.

Jika seseorang ingin menghindari tugas membantu secara finansial orang tua yang sedang sakit, mereka dapat mengatakan bahwa uang atau barang mereka adalah persembahan “diberikan kepada Tuhan” dan dengan demikian membebaskan diri dari klaim amal atau kewajiban untuk membantu orang lain.

Taat Pada Firman Allah
Taat Pada Firman Allah (Foto: pixabay)

Mereka melanggar hukum Tuhan dengan menciptakan hukum lain demi kepentingan mereka. Yesus menjelaskan bahwa mereka tidak melaksanakan perintah Tuhan karena mereka membiarkan hati dan pikiran mereka ditutupi dengan gagasan agama mereka sendiri.

Selanjutnya Yesus menuding mereka secara khusus tentang dua hal. Pertama kemunafikan.

Seperti aktor, yang memasang sebuah pertunjukan, mereka tampaknya mematuhi firman Tuhan dalam praktik eksternal mereka sementara  di dalam hati mereka penuh hasrat dan niat jahat.

Kedua, Yesus menuduh mereka demikian karena mereka menggantikan hukum Tuhan dengan argumen mereka yang terlihat sangat cerdik. Mereka lebih mendengarkan suatu pendapat atau argumen yang masuk akal daripada Sabda Tuhan.

Apa pesan yang patut kita pelajari dari bacaan Injil hari ini?

Pertama, jika kita mendengarkan firman Allah dengan iman maka hal itu akan mencerahkan pikiran kita dan menyucikan hati kita.

Kedua, mari kita mengikuti Firman Allah bukan hanya lewat kata-kata tetapi juga lewat perbuatan kita. Oleh karena itu kita perlu secara tulus dan jujur dalam melaksanakannya. Semoga Amores…

Aplikasi Android Amorpos

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

133 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
4
Suka
Bahagia Bahagia
2
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like