Kapan Yesus Kristus Menetapkan Ekaristi? Orang Katolik Harus Tahu!


Kapan Yesus Kristus Menetapkan Ekaristi? Orang Katolik Harus Tahu, Amorpost.com-Sebagai orang yang telah dibaptis dalam gereja Katolik, Ekaristi merupakan puncak dan hidup orang Kristiani. Oleh karena itu, perayaan Ekaristi baik harian maupun mingguan sangat penting.

Namun, sebagian kita mungkin menghadapi orang-orang yang tidak seiman dengan kita dan bertanya; Siapa sih yang menemukan misa? Dan kapan misa ditetapkan? Kedengarannya aneh, tapi ada pertanyaan seperti itu.

Jika kita dihadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan seperti itu, janganlah kita kuatir. Secara singkat kita menjawab bahwa Tuhan Yesus menetapkan Ekaristi atau misa Kudus pada malam perjamuan terakhir.

Yesus Kristus Menetapkan Ekaristi
Yesus Kristus Menetapkan Ekaristi (Foto: pixabay)

Kita bisa mengutip ayat Kitab Suci, jika si penanya rela untuk sabar mendengarkan kita.

“Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: “Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!” (1Korintus 11: 23-24).

Lebih lanjut, Ekaristi yang Ia tetapkan bukanlah suatu yang dilakukan untuk mengenangkan Dia saja, petapi suatu perayaan kasih. Karena Tuhan mengasihi murid-murid-Nya, Ia mengasihi mereka sampai Ia wafat di kayu salib.

Tuhan Yesus tahu bahwa saat-Nya telah tiba untuk beralih dari dunia ini dan kembali kepada Bapa, maka pada waktu makan Ia membasuh kaki murid-murid-Nya dan memberi kepada mereka perintah cinta kasih Bdk. Yoh 13:1-17.

“Anak Domba Allah” Mulai ketika Romo Memecahkan Roti
Ekaristi (Foto: pixabay)

Ketiga Injil sinoptik dan santo Paulus telah menyampaikan kepada kita berita tentang penetapan Ekaristi, sedangkan Yohanes mengisahkan kembali kata-kata Yesus di sinagoga Kapernaum, yang mempersiapkan penetapan Ekaristi: Kristus menamakan diri roti kehidupan yang turun dari surga Bdk. Yoh 6.

“Maka tibalah hari raya Roti Tak Beragi, yaitu hari di mana orang harus menyembelih domba Paska. Lalu Yesus menyuruh Petrus dan Yohanes, kata-Nya ‘Pergilah, persiapkanlah perjamuan Paska bagi kita, supaya kita makan… Maka berangkatlah mereka… lalu mereka mempersiapkan Paska.

Ketika tiba saatnya, Yesus duduk makan bersama-sama dengan Rasul-rasul-Nya. Kata-Nya kepada mereka: Aku sangat rindu makan Paska ini bersama-sama dengan kamu, sebelum Aku menderita.

Sebab Aku berkata kepadamu: Aku tidak akan memakannya lagi sampai ia beroleh kegenapannya dalam Kerajaan Allah… Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya, dan memberikannya kepada mereka kataNya:

5 Hal Penting Orang Katolik Harus Tahu Mengenai Kerajaan Allah
Ekaristi Kudus (Foto: pixabay)

Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku. Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu” (Luk 22:7-8. 13-16. 19-20) Bdk. Mat 26:17-29; Mrk 14:12-25; 1 Kor 11:23-26.

Dengan merayakan perjamuan malam terakhir bersama murid-murid-Nya dalam rangka perjamuan Paska, Yesus memberi arti yang definitif kepada paska Yahudi, Kepergian Yesus kepada Bapa-Nya dalam kematian dan kebangkitan – Paska baru – diantisipasi dalam perjamuan malam.

Demikianlah jawaban tentang siapa dan kapan Ekaristi ditetapkan. Semoga bermanfaat Amores…

Sumber: YOUCAT No. 209 When did Christ institute the Eucharist?

Aplikasi Android Amorpos

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

353 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
9
Suka
Bahagia Bahagia
5
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like