Kuasai Empat Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Ini Duta Besar Vatikan yang Baru untuk Indonesia


Kuasai Empat Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Ini  Duta Besar Vatikan yang Baru untuk Indonesia, Amorpost.com – Dalam waktu dekat, Indonesia akan kedatangan Duta Besar Vatikan yang baru, menggantikan Mgr Antonio Guido Filipazzi, Duta Besar Vatikan sebelumnya yang mendapat tugas baru ke Nigeria.

Paus Fransiskus resmi menunjuk Mgr Piero Pioppo sebagai Duta Besar Vatikan untuk Indonesia atau yang dikenal juga dengan sebutan Nunsius Apostolik, pada awal September lalu. Penunjukan ini diumumkan saat Paus Fransiskus saat ia sedang berada di Kolombia.

Dari informasi yang diperoleh Amorpost.com dari Sekretariat Nunsiatura Indonesia, Mgr Pioppo diperkirakan akan datang ke Indonesia pada November mendatang.

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo (Foto: kolase oleh Amorpost)

Sebagai “wakil Vatikan” untuk Gereja Indonesia, baik kalau kita mengenal sepak terjang Mgr Pioppo sebelum ia datang ke Indonesia.

Sebelumnya, Mgr Pioppo bertugas sebagai Nunsius Apostolik untuk Kamerun dan Guinea Khatulistiwa, sejak 25 Januari 2010. Ketika itu, Paus Emeritus Benediktus XVI yang menugaskannya.

Dalam tugasnya ini pula ia dianugerahi gelar Uskup Agung Tituler Torcello. Tahbisan episkopal ia terima dari Sekretaris Negara sekaligus Camerlengo, Kardinal Tarcisio Pietro Evasio Bertone SDB di Basilika St Petrus Vatikan, 18 Maret 2010.

Meski Indonesia adalah negara kedua dalam tugasnya sebagai Duta Besar, tentu kemampuan Mgr Pioppo dan pengalamannya di lingkungan Gereja dan diplomasi tak diragukan.

Ia meniti tugas diplomasi lewat belajar di Akademi Gerejani Kepausan St Antonius Agung. Akademi ini mempersiapkan para imam untuk mengisi posisi di bidang diplomatik dan Sekretariat Negara-Kota Vatikan.

Setelah itu, Mgr Pioppo ditugaskan di bidang diplomatik Vatikan pada 1 Juli 1993. Mgr Pioppo dipercaya sebagai sekretaris Nunsius Apostolik di Korea Selatan, lalu di Chile.

Pada 7 Juli 2006, Takhta Suci menugaskan Mgr Pioppo menjadi salah satu pejabat penting di Bank Vatikan (Istituto per le Opere di Religione/IOR). Lebih dari sepuluh tahun melayani di lingkaran Vatikan.

Mgr Pioppo lahir di Savona, Liguria, Italia Utara pada 26 September 1960. Perjalanan panggilannya diawali dengan masuk seminari dan belajar filsafat-teologi di Turin, Italia. Pada 29 Juni 1985, ia ditahbiskan menjadi imam Diosesan Acqui oleh Uskup Acqui, Mgr Livio Maritano (1925-2014).

Potensi yang dimilikinya membuka hati pimpinannya untuk memberi dia kesempatan belajar Teologi Dogmatik di Roma dan menyelesaikan Lisensiat di bidang Hukum Gereja di Universitas Kepausan Gregoriana.

Setelah itu, ia mengajar teologi di Seminari Tinggi Interdiosesan di Aleksandria, Mesir selama satu tahun, sebelum kembali ke Roma untuk memulai tugas baru di bidang diplomasi sampai sekarang.

Selain tugas-tugas diplomatik yang sudah ia tuntaskan dengan sangat baik, salah satu keunggulan Mgr Pioppo adalah ia fasih berbahasa Italia, Perancis, Inggris, dan Spanyol. Empat bahasa ini adalah sebagian besar dari bahasa-bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Mudah-mudahan selama bertugas di Indonesia, ia juga bisa berbicara dalam bahasa Indonesia.

Dalam sejarah hubungan diplomatik Vatikan – Indonesia, Mgr Pioppo tercatat sebagai Nunsius Apostolik ke-14 untuk Indonesia.

Silakan Berikan Komentar Anda

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

Comments 1

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Share saja, jangan dicopy boss!!!