Lilin Harapan Bersinar di Hati Kita-Renungan Harian Katolik Minggu Advent I, 3 Desember 2017


Lilin Harapan Bersinar di Hati Kita-Renungan Harian Katolik Minggu Advent I, 3 Desember 2017, Amorpsot.com-Bacaan pertama dari kitab Yesaya ditulis oleh seseorang setelah kembalinya orang-orang Yudea dari pembuangan Babel. Dengan demikian bacaan tersebut sungguh suatu ratapan. Saat-saat yang menyedihkan.

Setelah dibebaskan dari satu kerajaan, mereka sekarang bekerja di bawah kekuasaan kekaisaran lain, orang Persia. Apa yang mereka harapkan pun belum tercapai karena mereka pun harus menanggung suatu penderitaan lagi, dijajah.

Dalam situasi seperti itu, mereka sangat membutuhkan kekuatan Tuhan. Seperti seorang anak memohon kepada orang tuanya, mereka sekali lagi menghadap Tuhan, sebagai Bapa.

Oleh karena itu, bacaan dari Kitab Yesaya 64: 2-7 adalah suatu doa ratapan memohon bantuan Tuhan. Mereka berseru “…Tetapi sekarang, ya TUHAN, Engkaulah Bapa kami! Kamilah tanah liat dan Engkaulah yang membentuk kami, dan kami sekalian adalah buatan tangan-Mu (Yes 64:8).

Harapan
Harapan (Foto: pixabay)

Ketika kita membaca bacaan dari kitab Yesaya tersebut di zaman kita, maka kita menyadari bahwa kita telah dibaptiskan ke dalam tubuhnya dengan kekuatan Roh yang sama, namun kita juga tahu bahwa kita adalah pekerjaan yang belum selesai. Allah membentuk kita dari tanah liat yang pekerjaannya terus berlanjut.

Namun kita yang adalah tanah liat itu kadang mengeras sebelum Allah mengoles kita menjadi sesuatu yang indah. Oleh karena itu, kita membutuhkan bantuan Tuhan untuk menjadi lebih responsif terhadap pekerjaan Bapa yang terus berlanjut tersebut.

Kemudian dalam bacaan Injil hari ini – Markus 13: 33-37, terlukiskan mengenai perumpamaan tentang akhir-akhir hidup kita. Kita menemukan diri kita seperti pelayan yang ditinggalkan untuk melaksanakan tugas sementara tuan rumah tampaknya tidak hadir.

Pesannya adalah bahwa kita tidak diharapkan hanya untuk melakukan pekerjaan, tapi melakukannya secara sadar. Kita perlu berjaga-jaga karena sewaktu-waktu tuan itu datang dan mendapati kita.

Lebih lanjut, hari ini merupakan minggu Advent yang I. Arti dari minggu advent yang I ini adalah harapan. Kita berharap semoga di masa penantian ini, kita mempersiapkan diri sebaik-baiknya menyongsong kedatangan Tuhan Yesus.

Selamat memasuki minggu Advent Amores…

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

274 shares
Adrian B.

Alumnus Ateneo de Manila University, Philippines

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
1
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like