Maria Teladan Hidup Kita di Tahun 2018 – Renungan Harian Katolik 1 Januari 2018


Bunda Maria
Bunda Maria (Foto: godwallpaper.in)

Maria Teladan Hidup Kita di Tahun 2018 – Renungan Harian Katolik 1 Januari 2018, Amorpost.com – Bacaan: Lukas 2:16-21)

Hari ini tanggal 1 Januari 2018. Pagi ini dunia terlelap lelah oleh kemeriahan perayaan penutupan tahun 2017 dan penyambutan tahun baru 2018. Di hari pertama tahun yang baru ini, Gereja Katolik merayakan Hari Raya Santa Perawan Maria Bunda Allah.

Liturgi Gereja Katolik mengajak semua umat Katolik untuk mensyukuri peranan Bunda Maria dalam menerima, mengandung dan melahirkan Putera Allah Tuhan kita Yesus Kristus. Jawabannya kepada Malaikat Gabriel, “Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanmu” membuat Maria sempurna menyediakan diri untuk dipakai oleh Allah dalam karya keselamatan-Nya bagi bangsa-bangsa. Maria merupakan bagian penting dari karya keselamatan Allah.

Apa kiranya yang dapat kita petik dari di hari Raya Santa Perawan Maria Bunda Allah ini? Ketiga bacaan hari ini memberikan kita peneguhan iman yang luar biasa.

Mengikuti teladan Maria dan para Gembala

Injil Lukas mengungkapkan dua karakter umat Betlehem dalam menanggapi kelahiran Yesus. Berhadapan dengan kelahiran Yesus, ada berbagai macam tanggapan.

Ada yang hanya mengagumi peristiwa ini tanpa melakukan suatu tindakan nyata, ada yang setelah mendengar warta gembira para Malaikat, segera mencari dan menemukan Yesus seperti yang dilakukan oleh para gembala di padang Betlehem.

Para gembala ini tidak berhenti ketika menemukan Yesus, tetapi mereka pun mewartakan kepada semua orang sambil memuji memuliakan Allah.

Maria pun, kendati tidak memahami semua peristiwa ini, namun ia segera melakukan tugas penyertaannya dalam karya keselamatan Allah, dengan segera menyunatkan anaknya dan menamai Dia, Yesus.

Pertanyaan refleksi untuk kita, apakah kita juga setelah mendengar firman Tuhan lalu tergerak untuk mencari dan menemukan Yesus? Ataukah kita baru taraf mengagumi dan belum mampu mencari dan menemukan Yesus dalam hidup kita setiap hari?

Menerima Yesus Tanpa Syarat

St. Paulus mengemukakan ciri karakter seorang anak Allah. Dikatakan bahwa kedudukan manusia sebelum penebusan adalah hamba atau budak. Menjadi budak berarti kafir yaitu orang yang tidak mengenal Allah. Kedatangan Yesus adalah untuk menebus sekaligus mengangkat umat manusia dari status hamba menjadi anak.

Dan ciri status anak adalah pribadi yang menerima Yesus tanpa syarat, dan bersedia dipimpin oleh Roh Kudus dalam melaksanakan kehendak Allah. Pertanyaan kepada kita, apakah kita telah melakukan tugas sebagai anak Allah? Yaitu menerima Yesus tanpa syarat dalam hidup kita dan bersedia dipimpin oleh Roh kudus?

Tuhan akan Memberkati, Melindungi, Memelihata dan Memberi Damai Sejahtera

Dalam bacaan pertama, Tuhan memberikan jaminan kepada umat-Nya. Dikatakan bahwa dalam menghadapi berbagai ketidakpastian dan aneka kekuatan yang saling bermusuhan, Tuhan hadir sebagai pemberi jaminan keselamatan lewat berkat-Nya. Tuhan memberkati, melindungi, memberi damai sejahtera, dan memelihara umat-Nya.

Tuhan juga berkenan menerima umat-Nya kendati telah berdosa. Wajah Tuhan yang bersinar menjadi jaminan pengampunan dosa umat-nya. Kita dipanggil untuk menghayati berkat Tuhan dalam hidup yang sesuai dengan jati diri kita sebagai milik Tuhan. Pertanyaan refleksi untuk kita, apakah kita merasakan jaminan hidup yang dijanjikan Allah kepada umat Israel?

Di hari pertama di tahun 2018 ini, kita diajak untuk meneladani Bunda Maria dan para gembala di padang Betlehem yang menerima Yesus tanpa syarat, sehingga mendapat status anak Allah dan berkat yang berlimpah dari Allah Bapa di surga.

Baca: Yesus Adalah Keselamatan, Terang dan Kemuliaan Bagi Kita di Tahun 2018

Kita diajak untuk tidak gelisah dan kwatir tentang perjalanan hidup kita di tahun 2018, karena kita telah hidup dalam status sebagai anak Allah dan Allah sendiri telah memberikan jaminan, berkat dan damai sejahtera.
Kita juga diajak untuk meneladani Maria sebagai perantara, sekaligus model kehidupan kita di tahun 2018. (LN)

Aplikasi Android Amorpos

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

283 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
1
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
1
Suka
Bahagia Bahagia
5
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like