Orang Katolik Tidak Menyembah Berhala, Ini Alasannya


Orang Katolik Tidak Menyembah Berhala, Amorpost.com-Sebagai orang Katolik, memiliki patung ataupun gambar-gambar kudus merupakan hal yang wajar. Wajar dalam arti bahwa kita sudah dibiasakan untuk berdoa di depan patung maupun gambar-gambar kudus.

Bahkan patung-patung maupun gambar-gambar kudus yang disimpan di rumah-rumah keluarga Katolik adalah bukti bahwa keluarga tersebut memang beriman. Lebih lanjut, ada kesan bahwa keluarga tersebut memiliki devosi yang kuat.

Namun, apa yang kita imani,  belum tentu sama dengan apa yang dipikirkan orang yang tidak seiman dengan kita. Mungkin kita tersinggung ketika orang yang tidak seiman dengan kita mengatakan,”Oh, orang Katolik itu menyembah berhala.”

“Orang Katolik itu berlutut berjam-jam di depan patung Bunda Maria, bahkan sampai ada yang menangis. Mereka menatap gambar orang-orang kudus berjam-jam lamanya.”

Orang Katolik Tidak Menyembah Berhala
Orang Katolik Tidak Menyembah Berhala (Foto: http://pustakadigitalkristiani.blogspot.co.id)

Itulah pernyataan mereka yang tidak seiman dengan kita, dan mungkin kita pernah mengalaminya. Berhadapan dengan pengalaman itu, kita tidak perlu kuatir, atau pun menghancurkan patung dan barang-barang kudus yang ada di rumah.

Kita dengan sederhana mengatakan, “Lukisan Ibu Theresa atau St. Fransiskus Xaverius adalah gambar keluarga saya.” Bahkan kita pun mengatakan bahwa, patung Bunda Maria itu adalah patung ibu saya.

Lalu, kalau orang yang tidak seiman dengan kita itu bertanya lebih jauh, kita katakan, apakah Anda memiliki gambar dari keluarga mu, entah ibu ataupun bapa mu yang telah meninggal? Nah, kami orang katolik, tidak menyembah berhala, tetapi patung dan gambar tersebut adalah pengingat dan penjaga relasi bahwa orang-orang tersebut pernah hidup.

Mereka itu hidup di dalam sejarah kehidupan Kristiani. Bukankah, foto  anggota keluarga mu itu merupakan gambaran akan mereka yang pernah hidup? Jadi, sebagai orang Katolik, ketika berlutut dan berdoa di depan patung Bunda Maria berarti bahwa Bunda Maria itu pernah hidup dan kami menjaga relasi itu.

Kalau penjelasan lebih mendalam, bisa kita katakan bahwa Tuhan tidak melarang pembuatan gambar maupun patung. Bukti nya, di dalam Kitab Suci Perjanjian Lama, orang Israel membuat hiasan malaikat-malaikat yang terbuat dari emas di atas kotak penutup loh 10 perintah ALlah.

Bahkan, Allah memerintahkan Moses untuk membuat ular perunggu dalam kisah dimana banyak orang Israel yang dipatok ular beracun karena mereka bersungut-sungut kepada Allah. Ketika mereka melihat ular perunggu itu, mereka menjadi sembuh.

Ular Perunggu Musa
Ular Perunggu Musa (Foto: http://allart.biz)

Lebih dalam lagi, di dalam Kitab Suci Perjanjian Baru, Yesus adalah pemenuhan gambar Allah. Kita tidak tahu Allah yang tak kelihatan, namun ketika Yesus lahir ke dunia, Ia mewayuhkan Allah yang tak kelihatan itu.

Terakhir dan terpenting, adalah gambar-maupun patung yang adalah wujud dari mereka yang pernah hidup itu mengubah hidup kita masing-masing. Contohnya, kita mungkin bertobat ketika kita berdoa melalui perantaraan Bunda Maria di mana kita menggunakan media gambar atau patung tersebut sebagai fokus doa kita.

Mari kita bersukacita dan bangga menjadi orang Katolik karena kita “TIDAK MENYEMBAH BERHALA”

Sumber: Romo Mike Schmitz

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

104.1k shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
3
Marah
Sedih Sedih
6
Sedih
Lucu Lucu
7
Lucu
Suka Suka
190
Suka
Bahagia Bahagia
69
Bahagia
Wow Wow
10
Wow

Comments 9

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Iman itu tak terukur. Tak terbatas tak bisa di nilai tak bisa jg di selami dgn pemikiran ilmiah. Cinta dan penghormatan tanpa alasan itu cinta n penghormatan sejati. Bahagia mjd bagian dr iman katolik. Kami juga turut mendoakan kedamaian bagi umat lainnya. Kami percaya bahwa dlm semua iman yg bapak ibu imani ada keselamatan. Baik muslim maupun agama lainnya. Kami mempercayai iman harapan dan cinta kasih. Siapa yg mampu membuktikan bahwa agamanya paling benar di dunia ini akan lebih mudah menyudutkan sesama. So lebih baik hidup lah dgn iman mu tetapi bersama sama kita wujudkan damai di bumi. Salam damai

  2. Syalom buat semua saudara kristenku (kristen protestan dan kristen khatolik),,
    sebagai penganut kristen protestan, sy bersyukur krn dpt menemukan artikel ini shg membuat sy jd memahami bhw sebenarx saudara2 sy yg beragama kristen khatolik bukanlah penyembah patung/berhala,,
    sy sangat bersyukur krn lewat artikel ini sy menjadi mengerti bhw memang Kristen itu cuma 1, bhw kita sama2 hny menyembah Bapa Tri Tunggal,,
    sy menjadi mengerti bhw kita dipisahkan mjd kristen protestan dan kristen khatolik hny karena tata cara peribadatan yg kita yakini itu berbeda namun sebenarnya kita adalah 1 Kristen krn kita sama2 percaya bhw Tuhan Yesus adalah satu2x Juruselamat sehingga kita hidup menurut teladan dan ajaranNya,,
    harapan sy buat saudara2 sy sesama kristen protestan, “janganlah kita memaksakan dogma dan tata cara peribadatan kita kpd saudara2 kita yg beraliran kristen khatolik, sebagaimana kitapun tentu tak akan msu bila saudara2 kita yg beragama kristen khatolik memaksa kita utk mengikuti tata cara peribadatan mereka”,,
    ” janganlah menghakimi saudara2 kita menggunakan cara berpikir kita, sbb karena perbedaan itulah sehingga kita terbagi menjadi 2 (protetan dan khatolik), jika kita memaksakan pemahaman kita kpd saudara2 kita lantas apa bedanya kita dgn orang2 yg berteriak dan memaksakan berdirinya negara khilafah demi memaksakan iman dan pengajaran mereka ” ???
    Marilah kita hentikan perdebatan ttg perbedaan yg ada diantara kristen protestan dan kristen khatolik dan fokus kepada 1 kesamaan kita yg mendasar bhw kita adalah “KRISTEN ” yaitu orang2 yg percaya akan Ketuhanan Kristus Yesus dan hidup mengikuti ajaran2Nya…
    ingatlah bhw ” SIA -SIALAH BILA KITA MAMPU BERDAMAI DENGAN ORANG LAIN YANG MEMILIKI PERBEDAAN YANG BEGITU BESAR DENGAN KITA NAMUN KITA TIDAK MAMPU/MAU BERDAMAI DENGAN SAUDARA SENDIRI HANYA KARENA PERBEDAAN YANG LEBIH KECIL”

  3. Orang katholik tdk pernah meyembah patung…smu pemaparan di atas sudah jelas…seandainya orang khatolik punya hak paten utk alkitab mungkin ajaran lain tdk memakai alkitab…harusnya smu bersyukur org khatolik perdana dulu mempertahakan ajaran yesus hingga kini…mirisnya skg mereka hanya mau protes utk mencari pembenaran…apa yg di tulis dialkitab org katholik jg tau itu…

  4. Yakinilah apa yang menjadi keyakinanmu dan janganlah mengusik keyakinan saudara saudara mu yang mungkin berbeda keyakinan dan cara dalam beribadah dan berdoa.
    Intinya tuhan itu satu dan tiada tuhan selain allah
    Janganlah perbedaan menjadi penyebab timbulx perpecahan dan keraguan iman..
    Di dalam tuhan kita semua bersaudara tanpa ada pengecualian…..
    Salam damai untuk kita semua semoga pembahasan di sini membuat iman dan keyakinan kita semakin teguh dan tak tergoyahkan amiinnnn….

    1. imanmu lah yg menyelamatkan mu,kamu salah meyakini sesuatu maka salah pulalah penyembahanmu.jadi minta petunjuk pada Roh Kudus agar engkau dituntun Nya ke jalan dan iman yg benar

  5. Keluaran 20:3-5
    Imamat 26 :1
    Yer 10:2-5
    Ul 27:15
    Yer 2:27-28

    Awal buat jd berhala

    Bil 21:4-9

    Dari sini akhirnya bangsa Israel gk liat Tuhan
    Mereka pikir ular tedung itu penyelamat mereka

    Akhirnya di ancur waktu zaman hizkia 800thn setelah nya
    Hiikia ancur karna bangsa Israel gk liat Firman Tuhan
    Di
    2 raja raja 18:3-4
    Di ayat 4 di tulis jelas ular tembaga yg di buat musa itu berhala
    Makanya di ancur

    Tuhan memberkati semua
    Keluaran 20:3-5
    Imamat 26 :1
    Yer 10:2-5
    Ul 27:15
    Yer 2:27-28

    Awal buat jd berhala

    Bil 21:4-9

    Dari sini akhirnya bangsa Israel gk liat Tuhan
    Mereka pikir ular tedung itu penyelamat mereka

    Akhirnya di ancur waktu zaman hizkia 800thn setelah nya
    Hiikia ancur karna bangsa Israel gk liat Firman Tuhan
    Di
    2 raja raja 18:3-4
    Di ayat 4 di tulis jelas ular tembaga yg di buat musa itu berhala
    Makanya di ancur

    Tuhan memberkati semua

  6. Mary was the mother of Jesus Only while he was born as a human. When Jesus as a human died, thus died the son of Mary.
    When Jesus risen from the dead, He is Mary’s God and Savior!
    Thus, calling Mary as the mother of God is abomination, blasphemy, heresy!
    Mary was the mother of Jesus Only while he was born as a human. When Jesus as a human died, thus died the son of Mary.
    When Jesus risen from the dead, He is Mary’s God and Savior!
    Thus, calling Mary as the mother of God is abomination, blasphemy, heresy!
    yg kedua,kalo kalian mencari media tinggi manakah derajat Roh Kudus dari Maria,coba renungkan
    Tuhan Yesus naik kesorga dan menurunkan Roh Kudus yg menuntun kalian kepada seluruh keberan jdi mediamu haruslah Roh Kudus bukan manusia