Pancasila Adalah Pondamen yang Kokoh yang di Atasnya Didirikan Rumah Besar NKRI


Pancasila Adalah Pondamen yang Kokoh yang di Atasnya Didirikan Rumah Besar NKRI, Amorpost.com-Pernyataan di atas diungkapkan oleh Dirjen Bimas Katolik, Eusabius Binsasi dalam membuka kegiatan Pembinaan Pemahaman, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila bagi 120 orang Guru Agama Katolik Tingkat Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah di Swiss – Belhotel, Jakarta, Jumat, 1 Desember 2017.

Pada pertemuan Pembinaan tersebut, Eus mengingatkan para Guru Agama untuk senantiasa menyadari fakta sejarah bahwa pada satu sisi selalu kita berhadapan dengan “bahaya besar Konflik”, tetapi di sisi lain kita juga perlu selalu mengingat tentang pentingnya ” persatuan dan kesatuan ” bagi bangsa Indonesia.

Eus memberi contoh dengan mengajak para guru untuk melihat kembali sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Bahwa perjuangan yang parsial dan bersifat kedaerahan ternyata tidak membawa keberhasilan.

Nilai Agama dan Pancasila
Nilai-Nilai Agama dan Pancasila (Foto: SBS)

Namun sebaliknya, ketika seluruh kekuatan pemuda bersatu padu, berjuang bersama-sama, baik pada saat kebangkitan Nasional 20 Oktober 1908 maupun pada saat peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, akhirnya perjuangan nadional yang dilandasi persatuan dan kesatuan yang kokoh tersebut dapat membuahkan hasil yang gemilang, yaitu Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945.

Oleh karena itu maka Dirjen Bimas Katolik mengajak para Guru Agama agar mempunyai Komitmen Bersama untuk membangun kesadaran akan pentingnya Pemahaman, Penghayatan dan Penganalan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan setiap hari.

Guru Agama hendaknya memounyai karakter yang khas sehingga menjadi guru yang tsngguh dan memiliki rasa kebangsaan yang tinggi. (SBS)

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

7 shares
Admin

Admin Amorpost.com.
Untuk informasi, kiriman berita dll silakan email ke info@amorpost.com.

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like