Pastor Selpius Goo. Pr : Sungguh Potret Seorang Misionaris Sejati


Pastor Selpius Goo. Pr: Sungguh Potret Seorang Misionaris Sejati, Amorpost.com-Sungguh luar biasa postingan gambar saudara Natho Agapa di group facebook Keluarga Katolik-Sejati (12/01/2018) kemarin. Gambar-gambar tersebut mengenai penjemputan Pastor Selphius Goo, PR oleh umat paroki St. Yohanes Pemandi Stasi Yotapuga Distrik Kamu Timur Kab. Dogiya Papua.

Melihat satu demi satu gambar-gambar itu, terdiam dan terkagum-kagum atas situasi tersebut. Memang gambar selalu mengungkapkan beribu-ribu kata mengenai suatu moment tertentu, tinggal kita menorehkan tinta untuk mengambil hikmahnya.

Penjemputan Pastor Selpius Goo.Pr
Penjemputan Pastor Selpius Goo. Pr (Foto: Natho Agapa)

Kesan pertam melihat gambar-gambar tersebut adalah “Sungguh suatu potret misionaris sejati.” Mengapa tidak? Lihatlah betapa sederhananya baik pastor maupun umat tersebut ketika menjemputnya.

Gembala yang Baik
Gembala yang Baik (Foto: Natho Agapa)

Umat-umat yang sederhana itu menjemput pastornya dengan pakaian apa adanya serta tidak beralaskan kaki. Begitu pun pastor yang hadir di tengah umatnya itu sungguh menyatu dengan mereka.

Hal itu bertolak belakang dengan situasi di kota-kota besar dimana para pastornya dijemput dengan mobil serta umatnya berpakaian mewah. Ekstrimnya “Pastor Jaman Now” yang bertitlekan misionaris sering memposting dirinya di facebook dengan latar belakang gemerlapnya negara maju entah di Eropa maupun di kota-kota besar dunia.

Mungkin para misisonaris “milenial” akan beralasan, “Loh kita misionaris kan harus menyesuaikan dengan budaya setempat.” Mungkin saja benar, tetapi dimanapun kita berada dikala kesederhanaan dan hati yang tulus menyatu, di situ orang melihat kehadiran Yesus.

Pastor itu, bahkan dari gambar tersebut, bisa terlihat bahwa Yesus sungguh hadir melaluinya. Ia beralaskan kaki, senyumannya yang tulus menyatu dengan umatnya yang hadir.

Kita baru saja merayakan natal. Natal adalah perayaan dimana Tuhan Yesus, dari kegermelapan takhta Surgawi, menjadi manusia dan lahir ditengah kita di sebuah kandang yang kotor.

Bahkan dalam pewartaaannya, Yesus menampilkan diri sebagai seorang manusia sederhana dan tulus. Ia bergaul dengan siapa saja, terutama mereka yang miskin dan tersingkirkan dari masyarakat.

Menunggu sang Pastor
Menunggu sang Pastor (Foto: Natha Agapa)

Ketika paus Fransiskus menyatakan “Seorang gembala harus berbau seperti domba-dombanya,” kini nyata melalui pastor Selphius. Terima kasih atas kesaksian Pastor Selpius Goo. Pr. Shalom…

Menyatu Dengan Umat
Menyatu Dengan Umat (Foto: Natho Agapa)

Sumber Gambar: Penjemputan Pastor Selpius Goo. Pr oleh Umat Katolik Paroki St.Yohanes Pemandi Stasi Yotapuga Distrik Kamu Timur Kab.Dogiyai Papua — bersama Okai Ehata Iyanago yang diposting di Group Facebook: Keluarga Katolik Sejati.

Aplikasi Android Amorpos

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

527 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
2
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
3
Suka
Bahagia Bahagia
5
Bahagia
Wow Wow
1
Wow

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like