Paus Fransiskus Kritik Keras Umat Katolik yang Gunakan Ponsel Saat Misa Kudus


Paus Fransiskus Kritik Keras Umat Katolik, Imam dan Uskup yang Gunakan Ponsel Saat Misa, Amorpost.comPaus Fransiskus mengkritik sikap sebagian umat Katolik juga para imam dan uskup yang menggunakan telepon seluler (ponsel) saat Misa Kudus.

Hal ini dikatakan Paus Fransiskus saat audiensi umum mingguannya di Vatikan, Rabu (8/11/2017). Paus menekankan agar umat Katolik lebih fokus mengikuti Misa Kudus sepenuh hati untuk merasakan hubungan dengan Tuhan.

“Pastor yang merayakan Misa mengatakan: ‘Angkat hatimu.’ Dia tidak mengatakan: ‘Angkat ponsel Anda untuk mengambil foto’,” kata Paus Fransiskus kepada belasan ribu umat Katolik yang memadati lapangan Santo Petrus Vatikan seperti dilansir dari Crux Now.

Paus Fransiskus
Paus Fransiskus (Foto via Newsweek)

“Dan bukan hanya umat beriman, tapi juga banyak imam dan uskup. Tolong, misa bukan pertunjukan!” tegas Paus Fransiskus.

Paus menjelaskan banyak orang hadir di Misa namun tidak mengarahkan hatinya sepenuh kepada Tuhan. Dia ingin, sejak hari ini, sikap seperti itu dihindari sejauh mungkin oleh umat Katolik.

“Saat Misa Tuhan hadir bersama kita namun berkali-kali kita berbicara di antara kita sendiri, kita tidak merayakannya dekat dengan-Nya,” kata Paus asal Argentina itu.

Ilustrasi (Foto: http://www.catholicsentinel.org)

Paus secara tegas mengkritik para imam dan uskup yang juga sibuk menggunakan ponsel. Dia mengaku sedih dengan semua sikap itu.

“Sangat menyedihkan saat saya merayakan misa di sini atau di dalam basilika dan saya melihat banyak telepon diangkat – tidak hanya oleh umat beriman, tapi juga oleh para imam dan uskup! Please!,” kata Paus Fransiskus.

Sejak terpilih 2013 lalu, Paus terlihat tidak menggunakan telepon genggam di depan publik. Dia juga pernah meminta kaum muda untuk membawa Alkitab daripada menggunakan telepon.

Kendati demikian, Paus Fransiskus aktif sebagai pengguna setia media sosial. Dia memiliki jutaan follower di Twitter.

Bagaimana pendapat kamu tentang kritik keras Paus Fransiskus ini? Silakan share dan berikan komentar kamu. 

Sumber : Crux Now & BBC

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

6.5k shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
2
Sedih
Lucu Lucu
1
Lucu
Suka Suka
28
Suka
Bahagia Bahagia
10
Bahagia
Wow Wow
1
Wow

Comments 2

Your email address will not be published. Required fields are marked *