Pembaptisan Yesus Merupakan Pembaptisan Kita Juga-Renungan Harian Katolik Senin 8 Januari 2018


Pembaptisan Yesus Merupakan Pembaptisan Kita Juga-Renungan Harian Katolik Senin 8 Januari 2018, Amorpost.com-Hari ini, kita merayakan pembaptisan Yesus di Sungai Yordan. Bagi kita, perayaan pembaptisan Yesus merupakan pembaptisan kita juga.

Apa artinya pembatisan bagi kita semua di saat sekarang? Baptisan kita berarti kita diutus oleh Tuhan ke dunia untuk membawa pesan kasih Allah.

Nabi Yesaya memaklumkan bahwa kita diutus untuk membawa terang dan cinta kepada orang buta, kepada mereka yang dipenjara dan hidup dalam kegelapan. Kita harus membawa keadilan bagi orang-orang miskin dan tertindas.

Ketika kita dibaptis hal yang ditanyakan dihadapan orangtua dan wali adalah mengenai iman akan kehidupan kekal.

Air Pembaptisan
Air Pembaptisan (Foto: pixabay)

Sukacita dari kehidupan kekal itu terjadi saat kita melepaskan dosa dan godaan. Tapi dalam kemanusiaan kita, kita terlalu sering tertarik pada kekayaan, penghormatan dan kebanggaan yang menghalangi kita untuk tidak mendengarkan suara kasih Tuhan.

Dalam Injil Markus, Yesus datang ke Sungai Yordan untuk dibaptis oleh sepupunya, Yohanes. Saat dia keluar dari air, Tuhan berkata kepadanya, “Engkau adalah anakku yang terkasih …” Dalam versi Matius tentang Pembaptisan, suara Tuhan “bergemuruh” karena memproklamirkan betapa Yesus dikasihi.

Terkadang suara Tuhan menggelegar dan nyaring seakan menarik perhatian kita. Kita, seperti Yohanes Pembaptis, sering merasa tidak berharga.

Bagaimana saya bisa diutus oleh Tuhan saat saya begitu tidak layak, begitu cacat dan tidak sempurna? Saat itulah Tuhan menuntun kita untuk mendengar apa yang Dia katakan: Kita dikasihi!

Kita tidak bisa mendengarnya saat kepala kita berada di bawah air, memusatkan perhatian pada diri kita dan dosa kita sendiri. Hanya ketika kita sampai di permukaan barulah kita mendengarkan suara Tuhan yang penuh kasih

Saat itu, gemuruh suara Tuhan bergema di dalam hati kita. “Engkau adalah AnakKu yang kukasihi, kepadamulah Aku berkenan” (Markus 1: 11).

Terlepas dari perjuangan seumur hidup kita, atau karena itu, kita dikasihi oleh Tuhan dengan cara yang sulit kita pahami menurut logika manusia. Kita dirangkul olehNya, dihargai dan dikasihi oleh Tuhan yang memberkati dan mengutus kita ke dunia.

Semoga Amores…

Aplikasi Android Amorpos

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

171 shares

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
0
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
4
Suka
Bahagia Bahagia
1
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like