Setan Menghancurkan dan Membunuh tetapi Tuhan Memulihkan dan Memberi Hidup-Renungan Harian Katolik 29 November 2017


Setan Menghancurkan dan Membunuh tetapi Tuhan Memulihkan dan Memberi Hidup-Renungan Harian Katolik 29 November 2017, Amorpost.com-Bacaan hari ini, Lukas 21: 12-19, merupakan kelanjutan nubuat Yesus tentang penghancuran Yerusalem. Seperti yang kita tela’ah kemarin, itulah konteks bacaan tersebut.

Dengan demikian, kita patut bertanya, apa sesungguhnya makna bacaan hari ini bagi hidup kita? Bukankah Injil adalah kabar gembira? Mari kita telusuri!

Musuh sebenarnya dari Injil atau kabar Gembira tentang Tuhan Yesus Kristus adalah Setan yang lasim disebut Lucifer. Ia adalah pemimpin para malaikat yang memberontak melawan Allah yang kemudian diusir dari surga. Setan menentang Tuhan dan semua orang yang mengikuti pemerintahannya tentang perdamaian dan kebenaran atau kebaikan moral di bumi.

Yesus menyebut Setan sebagai “pembunuh” yang mengubah saudara laki-laki melawan saudara laki-laki dan yang memutarbalikkan kebenaran dan berdusta (Yohanes 8:44). Setan tidak hanya menentang hukum Tuhan, tetapi juga dia berusaha untuk menghancurkan semua orang yang mau taat kepada Tuhan.

Peace
Peace (Foto: unsplash)

Setan akan menggunakan cara apapun untuk mengubah orang menjauh dari Tuhan. Dia menggoda orang karena iri hati, tipu muslihat, kebencian, dan ketakutan untuk memancing permusuhan terhadap orang-orang yang mengikuti Tuhan Yesus Kristus.

Apa tanggapan Yesus terhadap permusuhan dan penganiayaan? Cinta, kesabaran, dan pengampunan.

Hanya cinta! Cinta yang berakar pada kasih sayang dan kesetiaan Tuhan dapat mengatasi prasangka, kebencian, dan rasa iri. Kasih Tuhan memurnikan hati dan pikiran kita dari semua hal yang akan memisahkan serta menceberaikan umat manusia.

Tuhan Yesus mengatakan kepada kita bahwa kita tidak perlu takut kepada orang-orang yang akan menentang kita atau meganiaya kita karena mengikuti Dia. Dia berjanji untuk memberi kita kekuatan, kebijaksanaan, dan keberanian melalui kasih Karunia Roh Kudus.

Injil adalah kabar gembira bagi seluruh dunia karena itu adalah firman kebenaran, cinta, pengampunan, dan keselamatan Allah yang kekal yakni kita dibebaskan dari dosa dan kejahatan melalui Putranya, Yesus Kristus.

Tuhan Yesus telah memenangkan kemenangan bagi kita melalui kematian penebusan di kayu salib untuk dosa-dosa kita dan bangkit dari kubur. Itulah sebabnya Injil memiliki kekuatan untuk membebaskan orang dari dosa, ketakutan dan kematian, dan membawa kedamaian, pengampunan, dan kehidupan baru.

Selanjutnya, Tuhan Yesus mengatakan kepada murid-muridnya bahwa jika mereka bertahan sampai akhir, mereka akan mendapatkan hidup. Mereka akan mewarisi kehidupan yang berlimpah dan kebahagiaan abadi dengan Allah.

Ketahanan adalah kekuatan penting yang Tuhan berikan kepada orang-orang yang menaruh kepercayaan mereka kepadaNya. Daya tahan adalah kesabaran yang tidak pernah menyerah untuk berharap, tidak pernah menyerah pada keputusasaan atau kebencian.

Ingat, Tuhan selalu setia pada janji-janjinya. Apapun situasi yang kita alami dalam kehidupan ini, pasti akan berlalu juga. Kita tidak akan berjuang sendirian dalam menghadapi penderitaan hidup ini karena Roh Kudus adalah pendamping setia kita. Semoga Amores…

Silakan Berikan Komentar Anda


Like it? Share with your friends!

172 shares
Adrian B.

Alumnus Ateneo de Manila University, Philippines

What's Your Reaction?

Marah Marah
0
Marah
Sedih Sedih
1
Sedih
Lucu Lucu
0
Lucu
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
2
Bahagia
Wow Wow
0
Wow

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like